Pancarkan.com
Peristiwa

Gathering Alumni SMPN 7 Surabaya Kunjungi Keraton Surakarta

Peserta Gathering alumni SMPN 7 Surabaya saat berada di Keraton Surakarta

Surabaya, Pancarkan.com-Rombongan Alumni SMPN 7 Surabaya Kunjungi kompleks Keraton Surakarta dan Pura Mangkunegaran di wilayah Jawa Tengah. Selain itu, dalam kegiatan gathering tersebut rombongan juga berkunjung ke Pasar Klewer Solo, Minggu (12/2/2023).

Keraton Surakarta berada di Jalan Kamandungan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Keraton tersebut merupakan tempat wisata sejarah dan budaya yang bisa dikunjungi saat hari kerja dan hari libur.

Salah satu peserta gathering SMPN 7 Surabaya, Rina Setyaningsih, mengatakan, bahwa kalau mengunjungi Kota Solo belum lengkap dan belum puas rasanya jika belum singgah ke Keraton Surakarta.

“Belum puas rasanya kalau ndak singgah ke Keraton Surakarta saat ke Kota Solo,” ucap Rina.

Hal senada juga disampaikan peserta yang lain, jika dirinya datang ke Keraton Surakarta ingin mengetahui sejarah, sekaligus kegunaan bagian bangunan keratin tersebut sewaktu masih berfungsi,”

“Saya kesini ingin mengetahui sejarah serta fungsi bangunan atau tempat tempat saatdulu masih digunakan,” ucap Ellyasa.

Rombongan menaiki alat transportasi tradisional

Keraton Surakarta merupakan perpaduan yang has antara gaya Eropa dan etnik Jawa dalam setiap sudut dan tata ruang Keraton. Sebagai objek wisata sejarah, Keraton Kasunanan Surakarta juga memiliki museum dengan koleksi keren yang dapat dilihat.

Adapun di museum keraton bisa kita dapati berbagai macam peninggalan has yang dipamerkan. Mulai dari koleksi pernak-pernik keseharian keraton dan juga benda-benda unik yang pernah digunakan oleh anggota keraton beserta keluarganya.

Sementara itu, di tengah-tengah area museum terdapat sumber mata air yang disebut dengan Sumur Songo. Dinamakan Sumur Songo karena di tempat itu pernah digunakan untuk bertapa Susuhunan Paku Buwono IX, dan sumur tersebut airnya dingin serta dapat diminum secara langsung.

Rombongan gathering SMPN 7 Surabaya tersebut didampingi oleh pemandu wisata (guide) Mulyanto dan harga tiket masuk juga terjangkau sebesar Rp. 15.000 per orang, Dari situlah wisatawan bisa menggali banyak informasi tentang sejarah Keraton Solo juga benda-benda peninggalannya.

“Ini pengalaman pertamaku Keraton Surakarta, tempat yang bagus untuk wisata edukasinya, ada pemandu wisata, lokasinya bersih, adem banyak pohon, dan petugasnya ramah,” ungkap Wardani peserta gathering lainnya.

Pantauan Pancarkan.com, lebih dari 700 wisatawan membanjiri Museum Keraton Surakarta saat itu. Mereka tak hanya berasal dari Solo saja, namu juga dari sejumlah daerah lainnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sementara informasi di lokasi untuk jam operasional Keraton adalah, Senin – Kamis buka pukul 09.00 – 14.00 Wib, untuk Sabtu – Minggu pukul 09.00 – 16.00 Wib dan khusus hari Jum’at tutup (libur).

Reporter : Sunar

Editor: Bachtiar

Related posts

Danlantamal V Hadiri Grand Final Putera Puteri Maritim Indonesia 2023

Kapolres Hadiri Peringatan Hari Perhubungan ke-52 di Pelabuhan Gresik

Komunitas Jeeper se-Jatim Baksos di Situbondo

redaksi