Pancarkan.com
Pemerintahan

Bupati Bondowoso: Pemilu 2019, Targetkan Partisipasi Masyarakat 80 – 90 Persen

BONDOWOSO, PETISI.CO – Bupati Bondowoso, Salwa Arifin, menghadiri rapat koordinasi (rakor) persiapan Pemilu 2019, yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bondowoso, Senin (4/3/3019) di Hotel Ijen View.

Rakor tersebut, melibatkan seluruh stakeholder terkait, yaitu pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Bakesbangpol), Dinas Lingkungan Hidup Dan Pertahanan (DLHP), kemudian TNI, Polri, dan Kejaksaan.

Dalam sambutanya, Bupati Bondowoso, tersebut, mengatakan bahwa pihaknya sangat berharap partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 ini bisa mencapai 80 sampai 90 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT).

“Jika pada Pilkada kemarin tingkat partisipasi masyarakat mencapai 79 persen. Maka dari itu untuk pemilu 2019 ini, partisipasi masyarakat ditargetkan 80 sampai 90 persen,” kata orang nomor satu di Bondowoso itu.

Selain itu, ia mengaku, bahwa begitu sulitnya pelaksanaan Pemilu saat ini bagi pemilih, khususnya bagi masyarakat pedesaan, dan masyarakat yang buta huruf. “Mengingat, ada lima surat suara, tanpa gambar, kecuali yang surat suara presiden,” jelasnya.

Kemudian, mantan Wabup Bondowoso periode 2013-2018 itu mengaku, tidak semua masyarakat memiliki pemahaman yang memadai tentang Pemilu, terutama di tingkat desa. Ada yang hanya tahu 17 April akan mencoblos tapi tidak tidak tahu harus memilih siapa.

“Oleh karena itulah, kami mengajak semua komponen untuk kerja serius untuk mentasi persoalan-persoalan kesulitan yang ada. Sehingga pasti akan ada jalan keluarnya,” ungkapnya. Seraya juga berharap, mudah-mudahan kita terus bersinergi, pada Pemilu ini. “Maka perlu sosialisasi, karena ini sangat penting terutama di tingkat desa,” tandasnya.

Sementara itu, Hairul Anam, Ketua Komisioner KPU Bondowoso mengatakan, bahwa rakor ini, dilaksanakan untuk mengkoordinasikan berbagai tahapan Pemilu dengan pihak-pihak terkait lainnya. “Pesta demokrasi lima tahunan ini, bukan hanya menjadi tugas penyelenggara Pemilu, namun juga pihak terkait lainnya yang memiliki peran penting dalam pelaksanaan pemilu diharapkan untuk mengawal agar jalannya tertib, aman, dan sesuai tahapan,” ujarnya.

Untuk diketahui, dalam acara rakor tersebut, tampak hadir, Kapolres Bondowoso, AKBP. Febriansyah, Dandim 0822 Bondowoso, Letkol Inf. Tarmudji, Badan pengawas pemilu (Banwaslu) kabupaten. (latif)

The post Bupati Bondowoso: Pemilu 2019, Targetkan Partisipasi Masyarakat 80 – 90 Persen appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Pembangunan RS Srengat tak Maksimal, Tidak Bisa Penuhi Target

redaksi

Tingkatkan PAD, Pemkab Bondowoso Akan Genjot Sektor Pariwisata

redaksi

Sinergitas INKINDO dengan Pemkab Jember

redaksi