Pemkab Sidoarjo Terbitkan Ijin Indomaret Grinting Tulangan, Nasib UMKM Tergeser Pengusaha Besar

187 views

Abah Munir, Koordinator aksi penolakan yang juga sebagai Ketua Ranting NU Grinting

Sidoarjo, Pancarkan.com – Pembangunan mini market di desa Grinting Kecamatan Tulangan yang notabene mendapat penolakan keras dari warga setempat yang sebagian besar pelaku usaha UMKM.

Nafas lega yang dirasakan Warga Desa Grinting setelah Gus Muhdlor turun ke Balai Desa Grinting tempo hari ternyata hanya sementara. Karena pada akhirnya pembangunan mini market tersebut tetap berlanjut.

“Kami tetap menolak berdirinya Indomaret di desa Grinting ini, Bupati turun ke sini untuk mediasi dengan warga tempo hari ternyata tidak ada gunanya,” ucap Abah Munir, selaku koordinator aksi penolakan yang juga sebagai Ketua Ranting NU Grinting.

Instruksi Bupati Sidoarjo untuk Camat Tulangan dan Kades Grinting untuk turut menghentikan pembangunan Indomaret itu ternyata tidak dihiraukan oleh keduanya.

“Memang Bupati pernah kesini mas untuk mediasi dengan warga, ternyata itu hanya untuk meredam kami, buktinya ijinnya malah diterbitkan oleh Pemkab Sidoarjo,” tambah Abah Munir kepada wartawan, Kamis (05/01/2023).

Sementara itu dari pihak Pemerintah Desa Grinting lewat Kepala Desa saat menggelar musyawarah menjelaskan bahwa ijin OSS nya sudah terbit untuk rencana Indomaret di Grinting.

“Ijin OSS-nya sudah keluar dari Pemkab dan kami sebagai Pemdes tidak berani menolak pembangunan Indomaret itu dan mohon dapat dimengerti oleh Masyarakat,” ujar Akhmad Sodirin, selaku Kades Grinting Tulangan.

Perlu diketahui terkait persoalan mini market Desa Grinting, perwakilan warga telah berkirim surat aduan kepada Pemkab dan DPRD Sidoarjo serta berharap suara mereka dapat didengar dan segera ditindak lanjuti. (cdr)

Reporter: Ruth Candra

Editor: Rizal

DPRD Sidoarjo Grinting Tulangan Indomaret Pemkab Sidoarjo Ranting NU Grinting UMKM