Pancarkan.com
Peristiwa

Petani Blooto Mojokerto Bersama Distan dan Koramil Gropyok Tikus

MOJOKERTO, PETISI.CO – Sedikitnya 500 ekor tikus berhasil ditangkap dan dikumpulkan dalam aksi gropyokan memberantas hama tikus di areal persawahan wilayah Kelurahan Blooto Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto, Kamis (24/01/2019).

Aksi gropyokan ini dilakukan Poktan Tani Makmur Blooto, Gabungan Kelompok Tani Kota Mojokerto, Pegawai Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Mojokerto, Staf Tramtib Kecamatan Prajurit Kulon dan anggota TNI dari Koramil 0815/01 Prajurit Kulon Kodim 0815 Mojokerto, secara keseluruhan berjumlah 15 orang.

Pantauan di lapangan, gropyokan tikus kali ini dibantu dua ekor anjing pelacak yang bertugas mengendus lubang tikus dan memburunya.  Selain itu, sebagian anggota Poktan juga menggali lubang tikus kemudian menggebuknya saat tikus keluar dari lubang.

Danramil 0815/01 Prajurit Kulon melalui Bati Tuud Peltu Maumi yang turun langsung di lokasi mengatakan, gropyokan ini merupakan tradisi sebagian petani di beberapa daerah tertentu dengan tujuan memberantas hama tikus.

Aksi gropyokan ini, lanjut Peltu Maumi, dilakukan untuk menyelamatkan areal pertanian di wilayah Prajurit Kulon Kota Mojokerto dari ancaman serangan binatang pengerat, terlebih menjelang masa tanam 2019.

“Bila ancaman serangan tikus dibiarkan dan tidak segera diatasi maka dikhawatirkan akan menjadi ancaman pada masa tanam ini.  Semua pasti mengetahui akibat serangan hama tikus ini, tidak sedikit petani yang gagal panen,” ucap pria kelahiran Ambon.

Sementara Kelompok Tani Makmur Kelurahan Blooto yang diwakili Sumadi mengatakan, akibat serangan hama tikus ini lahan seluas kurang lebih dua hektar yang dikelola Poktan Tani Makmur hampir mengalami puso atau gagal panen.

Pihaknya atas nama Poktan Tani Makmur sangat berterima kasih kepada semua pihak, baik Dinas Pertanian, Kecamatan, Gapoktan maupun Anggota TNI dari Koramil Prajurit Kulon, atas peransertanya dalam membantu memberantas hama tikus.

“Semoga dengan adanya gropyokan ini, hama tikus tidak lagi menyerang sawah kami sehingga panen mendatang hasilnya lebih memuaskan,” harapnya.(syim)

The post Petani Blooto Mojokerto Bersama Distan dan Koramil Gropyok Tikus appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Satsabhara Polres Bondowoso Laksanakan Patroli Blue Ligt

Kecelakaan Lalu Lintas di Bangkalan, Kijang Selip, Hantam Carry

redaksi

Usai Studi Kampus Kegiatan Dilanjutkan Menuju Lokasi Wisata

redaksipancarkan