Pancarkan.com
Pendidikan

ITN Malang Gelar Seminar Infrastruktur Berkelanjutan

MALANG, PETISI.CO – Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan atau FTSP Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang gelar seminar nasional. Seminar nasional yang bertema “Infrastruktur Yang Berkelanjutan” digelar di aula pertemuan kampus I ITN di jalan Bendungan Sutami, Kota Malang.

Rektor ITN Malang, membuka secara resmi seminar nasional

Dalam seminar nasional ini, menghadirkan sejumlah pembicara diantaranya Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW), Hadi Sucahyono, Direktur Riset dan Pengabdian Kepala Masyarakat Ristekdikti, Ocky Karna Radjasa dan perwakilan Badan Informasi Geospasial atau BIG, Agustina Nurul Hidayati.

Panitia seminar menyatakan, seminar tersebut merupakan ajang sharing antar peserta yang terdiri dari pemerintah, perguruan tinggi, swasta dan asosiasi profesi, yang kedepannya bisa menemukan apa yang terbaik untuk wilayah masing-masing.

“Karena selama ini banyak daerah yang mengalami kesulitan dalam pengembangan infrastruktur terutama peta,” ujar Dosen Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota FTSP ITN Malang.

Padahal rencana tata ruang wajib untuk membuat rencana detail, karena itu perlu dibahas pada seminar ini.

Tentu saja dengan melibatkan, dengan kehadiran BPIW ini, diharapkan bisa memberikan informasi terkait kebijakan pemerintah dalam pengembangan infrastruktur.

“Terkait dengan BIG adalah agar bisa membantu menyediakann informasi geografis sebagai penunjang proses pembangunan,” ungkapnya.

Tentu saja pada seminar ini, juga melibatkan berbagai pihak dan dapat menjadi sebuah wadah untuk bersinergi antar lembaga baik pemerintah, lembaga, dan perguruan tinggi.

“Harapan kita, dari seminar yang digelar akan dapat ditingkatkan ke tataran lanjut, dalam hal penelitian dalam pengembangan infrastruktur berkelanjutan,” tandas Nurul.

Sementara itu, Rektor ITN Malang, Lalu Mulyadi sangat mengapresiasi pelaksanaan seminar tersebut.

“Ini sangat penting terutama masyarakat akademik, sebab infrastruktur merupakan hal pokok yang harus diselesaikan untuk bangsa dan negara ini dengan berkelanjutan,” ungkapnya, Rabu (5/12/2018).

Seminar nasional ini diharapkan, dapat menghasilkan sesuatu yang sangat penting dan bermanfaat bagi infrastruktur dalam pembangunan. (ris/eka)

Related posts

Ingin Tau Informasi UKW? Klik ukwunitomo.or.id

redaksipancarkan

Wakil Bupati Sinjai Hadiri Muscab IMM di Cafe Orange

redaksipancarkan

Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim Dukung Seminar Tata Ruang Laut

redaksipancarkan