Pancarkan.com
Pendidikan

Kunjungan dan Praktek Nyata 250 Taruna Sekolah Pelayaran Bhakti Samudera Surabaya di Kapal KM Tongkol

250 Taruna lakukan kunjungan di Kapal KM Tongkol

Surabaya, Pancarkan.com – Sebanyak 250 Taruna-Taruni berserta staf dan Tenaga Pengajar masuk ke kapal KM Tongkol, dan kapal segera keliling sepanjang Dermaga dan berputar di bawah Jembatan Suramadu.

Dalam kegiatan ini digelar di Sekolah Pelayaran Bhakti Samudera yang terletak di jalan Simo Hilir Raya 10-12 Surabaya, dalam rangka kunjungan, pengenalan dan praktek nyata di kapal KM Tongkol, Minggu (04/09/2022).

Kepala Sekolah Pelayaran Bhakti Samudera Edi Sukiswo menjelaskan, dalam prosesi ini pertama ia melakukan Latihan Kemiliteran Pertama (LKP), peserta diajarkan tentang disiplin, baris berbaris, bangun malam hari dari kebiasaan dirumah yang bebas menjadi kebiasaan yang teratur.

“Taruna akan dibagi menjadi 8 kelompok dan kelompok akan bergantian (simultan) di bidangnya masing-masing dek (Nautika) dan teknik (mesin kapal) Supaya Taruna tahu bahwa kunjungan ini merupakan praktek nyata diatas kapal yang sedang berlayar dengan manuver, pengoperasian dan semua peralatan yang ada di kapal,” ungkapnya.

Selain itu, dunia kemaritiman pelayaran masih banyak membutuhkan khususnya Taruna baru, karena potensi peluang menjadi karyawan sangat tinggi sehingga di masa pandemi dulu kontraksi penurunan pengiriman barang sangat kecil cuma 10%, daripada pengiriman lainnya.

250 Taruna lakukan praktek nyata di Kapal KM Tongkol

Sementara itu, Pengawas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Dra Emie Ismiatie M.Pd mengatakan dalam kegiatan ini menunjukkan tentang aplikasi Merdeka dan belajar praktek secara nyata di atas kapal yang sedang berlayar.

“Taruna Taruni ini nantinya dihadapkan didunia nyata, bagaimana mereka menghadapinya. Sebab, kepulauan Indonesia negara maritim ini masih banyak potensi yang besar di bidang pelayaran,” paparnya.

Dalam Agenda Kunjungan dan Pengenalan Kapal. Taruna Sekolah Pelayaran Bhakti Samudera Surabaya, dimulai pukul 08.30 Semua Taruna Masuk ke Kapal KM Tongkol.

“Nantinya Taruna akan di bagi dalam 6 Kelompok dan di bagi dalam dua bidang yakni di bidang Dek ( Nautika) dan Tekni (Mesin Kapal), Secara Bergantian (Simultan) dan akan di Kenalkan Bagian Kapal yang sedang Berlayar. Ini Mas Heri, Sedikit Kegiatan di Kapal KM. Tongkol kita Sewa untuk Kegiatan ini,” pungkasnya. (jar)

Reporter: Ulum Fajar Setiawan
Editor: Rizal

Related posts

Alumni UNIPA Surabaya Gelar Temu Kangen Lintas Angkatan dan Jurusan

UNDIRA Gelar Workshop Untuk Dosen Tingkatkan Sinta Score

Perkuat Mental Juara Siswa, MAN 1 Lamongan Gelar Pesona

redaksi