Diskominfo Ekspose Data Statistik Pemkab Sidoarjo

217 views

SIDOARJO, PETISI.CO – Tersedianya data memadai tentu mendukung terselenggaranya pemerintahan yang baik. Maka itu, diperlukan koordinasi dan kerjasama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai produsen data dan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) selaku wali data yang akan mengumpulkan dan menyajikan data statistik secara terbuka kepada publik.

Hal itu disampaikan Kepala Diskominfo Sidoarjo, Y Siswojo berkaitan dengan kegiatan bertajuk “Ekspose Data Statistik Pemerintah Kabupaten Sidoarjo” yang dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda, Kissowo Sidi, dihadiri Kepala BPS Sidoarjo, Patris Sayugo dan Kabid Pengelola Data dan Statistik Kominfo Jatim, Rudy Prasetya, serta diikuti seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemkab Sidoarjo dan organisasi kemasyarakatan, bertempat di Lantai 2 Ruang Delta Karya Setda Sidoarjo, Rabu (5/22/2018).

“Melalui kegiatan ekspose data tersebut, diharapkan data statistik dari Badan Pusat Statistik (BPS) singkron dengan data pemerintah daerah, karena erat hubungannya dalam kaitan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mengemukakan, sebagai pendukung pembangunan di Sidoarjo, memang perlu tersedianya data statistik.

“Nah, untuk memberikan kemudahan akses data pemerintah yang akurat, Diskominfo meluncurkan aplikasi dataku,” katanya.

Perlu diketahui, aplikasi dataku (bisa diunduh: www.dataku.sidoarjokab.go.id) ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan database dan informasi yang lengkap dan handal dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dirintis dalam suatu sistim berbasis website dan data akan disajikan menggunakan prinsip open data atau data terbuka. (wachid)

Ekspose Data Statistik