Pancarkan.com
AdvertorialPendidikan

Siap Wadahi Wajah Generasi Al-Qur’an, UINSA Surabaya Punya UPTQ

Para anggota UPTQ UKM UINSA Surabaya

Surabaya, Pancarkan.com – Unit Pengembangan Tahfidzul Qur’an (UPTQ) bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), yang merupakan milik dari UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya berupaya untuk mewadahi potensi para anggota.

Satu diantara upaya yang dilakukan yaitu melakukan kegiatan Bimbingan Prestasi (Bimpres). UPTQ membuka kegiatan tersebut di masjid Ulul Albab, Kampus satu UINSA. Acara tersebut dihadiri oleh segenap pengurus dan para anggota Bimpres.

Acara dimulai sekitar pukul 16.00 Wib yang dipandu oleh Tadarosatul Hikmiyah sebagai MC sekaligus pengurus kegiatan bimpres. Dilanjut sambutan oleh Kepala Bimbingan Prestasi 2022, dalam sambutan tersebut Fiudin mengatakan kepada para anggota agar memanfaatkan wadah dengan baik.

“Kami berharap semua anggota dapat memanfaatkan wadah bimpres ini dengan sebaik-baiknya,” ucap Fiudin, selaku Kepala Bimbingan Prestasi 2022, Rabu (28/10/22).

Disambung sambutan dari masing-masing Ketua Bidang, yang pertama Ahmad Khuluqil A’la dari bidang Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ). Kedua, Iqbal Wi’an dari bidang Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ). Dan ketiga Putri Aulia dari bidang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ).

Didalam UPTQ ada beberapa kegiatan rutin yang dilakukan oleh para anggota, salah satunya yaitu Bimpres.

Bimpres merupakan salah satu dari kegiatan yang mewadahi potensi para anggota UPTQ untuk siap berkontribusi dan berprestasi di bidang ke Al-Qur’an an. Terutama tiga bidang, yakni MHQ, MFQ, dan KTIQ. Dengan adanya bidang tersebut, para anggota UPTQ dapat mengasah bakat dan kemampuannya.

“Ketiga bidang tersebut mengacu pada bidang-bidang yang sering dilombakan dalam MTQ dengan beragam tingkatan, sehingga dengan mengikuti itu diharap anggota uptq memiliki bekal untuk mengikuti perlombaan-perlombaan serta mengasah kemampuannya,” ujar Mia salah satu pengurus UPTQ.

Acara Bimpres ini ditutup dengan sesi berkumpul melingkar sesuai dengan bidang yang diminati. Yang mana dalam lingkaran tersebut para ketua mengarahkan dan memberitahu bahwasanya didalam bidang masing-masing mereka akan dibimbing, yang insyaallah dilaksanakan setiap seminggu sekali.

Niat salah satu anggota yang begitu mulia saat mengatakan tujuan masuk bidang KTIQ. Sedangkan pada penghujung acara, yang dari semua acara tak terlewatkan yaitu sesi foto bersama.

“Saya mengikuti bidang ini ingin memotivasi orang lain melalui tulisan,” ujarnya.

“Kita disini niatkan belajar. Jangan niatkan untuk cari kemenangan dalam perlombaan, minta sama Allah kelancaran,” pungkas Putri sautnya, selaku Ketua Bidang KTIQ. (iza)

Reporter: Siti Nurhalizatur Rofia

Editor: Rizal

Related posts

Lahan Warga Disengketakan Pemprov, Ketua Komisi C DPRD Surabaya: Warga itu Paling Berhak

Warga Desa Klotok Terima Pencairan BLT Tahap Bulan September

redaksipancarkan

ITN Malang Gelar Seminar Infrastruktur Berkelanjutan

redaksi