Pancarkan.com
AdvertorialPendidikan

Jarang Dilirik, Menengok Kembali Museum WR Soepratman yang Tersembunyi

Museum WR Soepratman

Surabaya, Pancarkan.com – WR atau Wage Rudolf Soepratman merupakan salah satu tokoh penting yang menciptakan lagu Indonesia Raya. Ternyata, WR Supratman pernah bertempat tinggal di Surabaya hingga akhir hayatnya. Rumah WR Supratman bertempat di Jalan Mangga No.21, Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur.

Arif selaku pengurus rumah WR Supratman mengatakan, bahwa rumah WR Supratman sempat terbengkalai sampai tahun 2018.

“Lalu, Risma saat itu selaku Walikota Surabaya mengusulkan untuk menjadikan rumah peninggalan WR Supratman sebagai museum atau monumen, agar para generasi muda mengingat dan mengetahui sejarah dari pencipta lagu kebangsaan Indonesia, yaitu Indonesia Raya,” ungkap Arif, Minggu (30/10/2022).

Memorabilia WR Soepratman

Maka, diresmikanlah museum tersebut oleh Tri Rismaharini selaku Walikota Surabaya pada 10 November 2018 lalu, yang bertepatan juga pada hari Peringatan Hari Pahlawan di kota Surabaya.

“Dahulu ternyata WR Supratman merupakan orang yang sangat miskin, dan rumah ini sebenarnya milik orang Belanda yang dibeli oleh kakak ipar WR Supratman,” ujar Arif.

WR Supratman pernah dipenjara karena menciptakan lagu yang berjudul ‘Matahari Terbit’, dipenjara di Kalisosok, Surabaya.

“Di penjara, beliau disiksa dan dipukuli selama di penjara. Melihat kondisinya yang semakin parah, pihak Belanda akhirnya memulangkan beliau ke keluarganya,” kata Arif.

Arif, ketika memberikan penjelasan kepada para pengunjung

Arif mengatakan, tujuan Risma merekomendasikan dan meresmikan museum WR Supratman ini agar rumah terakhirnya tetap terjaga, dan agar para anak muda dapat mengetahui sejarah biografinya.

“Karena beliau memiliki jasa yang sangat besar terhadap Bangsa dan Negara Indonesia,” pungkas Arif di akhir penjelasannya. (sha)

Reporter: Shanty Aisyah Aszahra

Editor: Rizal

Related posts

Sosialisasi Undang-Undang TPKS, Cegah Kekerasan Seksual

Peluang Besar Hadapi Tantangan Komunikasi di Era Digital, Stikosa AWS Gelar Wisuda Sarjana ke-27

Polwan Polresta Sidoarjo Peduli Warga Terdampak Puting Beliung