Pancarkan.com
AdvertorialPendidikan

Peringati Bulan Bahasa dan Panen Raya, SMPN 3 Peterongan Adakan Felis

Salah satu siswi SMPN 3 Peterongan ketika lomba cipta puisi

Jombang, Pancarkan.com – SMP Negeri 3 Peterongan adakan lagi FELIS (Festival Literasi Sekolah) setelah vakum 2 tahun, dalam rangka memperingati Bulan Bahasa dan Panen Raya P5 (Proyek Penguatan Profil Pemuda Pancasila).

Disampaikan oleh kepala sekolah SMP Negeri 3 Peterongan Darul Ulum Jombang, Nurkholis, M.Pd., bahwasanya Festival Literasi Sekolah 2022 ini dibagi menjadi dua kegiatan, yaitu kegiatan internal berupa tiga jenis lomba yang dikhususkan untuk siswa-siswi Peterongan dan kegiatan eksternal yang dikhususkan untuk tingkat SD/MI se-kabupaten Jombang.

Acara yang bertujuan untuk membudayakan literasi pada peserta didik ini digelar dalam serangkaian acara yang melibatkan internal, juga eksternal di SMP Negeri 3 Peterongan.

“Pada saat ini, yang sudah kita rencanakan dan dikemas dalam bentuk FELIS, yaitu Festival Literasi Sekolah yang kita gabungkan dengan Panen Raya P5 istilahnya dalam kurikulum merdeka. Oleh karena itu, kegiatan ini kita gabung menjadi satu dalam bentuk FELIS,” ujar Nurkholis sebagai Kepala Sekolah, Minggu (30/10/2022).

Kegiatan Festival Literasi Sekolah ini berupa internal dan juga eksternal. Pada kegiatan internal, lomba-lomba yang diikuti oleh siswa-siswi SMP Negeri 3 Peterongan dalam bentuk lomba cipta puisi, lomba ringkasan buku dan lomba risensi. Yang kedua adalah lomba Eksternal yang diadakan untuk siswa SD/MI se-kabupaten Jombang.

“Sebenarnya kegiatan ini bisa diikuti oleh berbagai daerah dan luar kota, namun untuk tahun ini sebagai awal dimulainya kembali setelah vakum 2 tahun, dan hanya diadakan untuk se-kabupaten saja,” ucap Nurkholis.

Pemukulan gong oleh Karyono, S.Pd., M.MPd., Perwakilan Dinas Pendidikan Jombang

Dalam acara penutupan FELIS 2022, SMP Negeri 3 Peterongan meluncuran 12 judul buku dan 1 komik Pelajar Pancasila karya siswa dan guru SMP Negeri 3 Petrongan.

Diiringi dengan do’a dan juga pemukulan gong oleh Karyono, S.Pd., M.MPd., selaku Perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang. Dilanjutkan dengan Mauidoh KH. Zaimun Wijaya Asad, S.U., yang menyampaikan bahwa angka 3 dalam SMPN 3 ini memiliki 4 huruf yang disetiap hurufnya punya makna, dan harus dimiliki oleh setiap santri.

Acara Festival Literasi Sekolah ini berlangsung selama 3 hari, pada puncak kegiatan FELIS ini diumumkan pemenang lomba-lomba yang telah dilaksanakan. Baik eksternal maupun internal, dan acara ditutup dengan berbagai macam penampilan dari siswa-siswi SMP Negeri 3 Peterongan Jombang. (akh)

Reporter: Akhlaqul Karimah Ajiri

Editor: Rizal

Related posts

Dukung Revolusi Mental, Ketua PBNU: Pesantren Salaf Harus Berubah

Manajemen Sharp Kunjungi Kantor PWI Jatim

Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Mengucapkan Dirgahayu TNI ke 74