Pancarkan.com
Peristiwa

Tingkatkan Kepedulian Masyarakat, Warga PBI Gelar Lomba Kebersihan Lingkungan

Tim Juri saat melakukan penilaian

Surabaya,Pancarkan.com-Masalah kebersihan dapat membawa imbas terhadap kesehatan pada masyarakat. Untuk itulah, di momen HUT ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia ini RT 03 RW 10 Pondok Benowo Indah (PBI) Kelurahan Babat Jerawat Kecamatan Pakal Surabaya, menggelar lomba kebersihan lingkungan, Minggu (13/8/2023).

Kali ini untuk memeriahkannya, panitia Agustus HUT RI sangat serius menangani masalah tersebut. Salah satunya dengan menggelar berbagai macam perlombaan, diantaranya lomba kebersihan lingkungan.

Ketua RT 03 RW 10 PBI, Heri AS, mengatakan, lomba kebersihan lingkungan antar Dasa wisma ini adalah sebagai upaya persiapan untuk mengikuti lomba yang lebih tinggi lagi ditingkat Jawa Timur, yaitu lomba Program Penataan Lingkungan di Ring 1 Area Kerja Regional dan Sub Holding Pelindo.

“Lomba ini, merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan dan menanamkan kesadaran terkait pentingnya kebersihan di lingkungannya masing masing,” tutur Heri.

Dalam sambutannya, Tim Juri Lulup Purnomo dan Dwi, menyampaikan, semoga kegiatan ini tidak hanya sampai disini akan tetapi bisa berlanjut. “Apalagi kampung ini sudah terpilih menjadi salah satu peserta kebersihan lingkungan tingkat Jawa Timur, yaitu Penataan Lingkungan Kampung Pelindo,” ungkapnya.

Disamping itu, lanjut Lulup, melalui lomba ini diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam melaksanakan Kebersihan lingkungan. Lomba ini diharapkan juga dapat derajat kesehatan bagi masyarakat, khususnya Dasa Wisma terus meningkat.

Foto bersama usai penilaian

Sementara Ketua Dasa Wisma Satu, Soehartini, menambahkan, menjadi terbaik itu yang utama. Karena dalam perlombaan ini tidak hanya sekedar mendapatkan penghargaan, melainkan juga bisa menjadi contoh masyarakat.

“Dengan bersihnya lingkungan kita, maka secara otomatis akan menjadi suatu lingkungan yang sehat dan terhindar dari segala jenis penyakit. Untuk itu, marilah kita mencintai lingkungan seperti mencintai diri kita sendiri,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh salah satu peserta Dasa Wisma, Panti Nursaeni, pihaknya mengatakan, berharap agar kegiatan lomba kebersihan terus dilakukan secara berkesinambungan. “Sehingga akan dapat meningkatkan kualitas hidup bagi masyarakat secara menyeluruh,” ujarnya.

Pantauan Pancarkan.com, saat ini kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sudah mulai tumbuh, sehingga hal tersebut patut untuk selalu didukung dan diarahkan serta diberikan penghargaan.

Reporter : Sunar

Editor : Bachtiar

Related posts

SMP Al Azhaar Tulungagung Raih Juara 2 Lomba Cerdas Cermat Hari Anti Korupsi

redaksi

Kodim Surabaya Timur Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika

Danramil Manyar Ikuti Giat Penanaman Mangrove Serentak