Danramil Manyar Ikuti Giat Penanaman Mangrove Serentak

72 views

Gresik, Pancarkan.com-Bertempat di Balai Nelayan Kalimireng Ds. Manyar Sidomukti Kec. Manyar Kab. Gresik, telah dilaksanakan kegiatan penanaman mangrove serentak di wilayah kerja Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal V) tahun 2022, dengan penanggung jawab Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi, M. Tr (Danlantamal V) diikuti 500 orang, Selasa (28/6/2022).

Kegiatan dihadiri oleh Ketua DPRD Gresik H. Abdul Qodir, S. Pd, Kepala Dinas Pertanian Kab. Gresik  Ir. Eko Anindito Putro, M.MA, Kasubgar Gresik Mayor Inf. Tomy Wijaya, Wakapolres Gresik Kompol Ari Galang Saputro, SIK, Danramil 0817/06 Manyar Kapten Inf Imam Suudi mewakili Dandim 0817/Gresik, Camat Manyar  Zainul Arifin, STP, MM, Kapolsek Manyar AKP Windu Priyo Prayitno, S. Pd, Sat Pol Air Polres Gresik Bripka Samuji, Perwakilan PT. Semen Indonesia, Perwakilan PT. Pelindo, Perwakilan PT. Maspion Industrial Estate (MIE) beserta 500 orang nelayan dan pelajar Saka Bahari.

Pada kesempatan tersebut, As Pots Mar Lantamal V Kolonel Mar. Eko Hariyanto, dalam sambutannya mengatakan, bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memilik kurang lebih 9 ribu hektare kawasan hutan mangrove. Sehingga kegiatan hari ini dilakukan penanaman pohon Mangrove serentak, dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan serta ekosistem lahan basah serta mendukung pemberdayaan masyarakat Kawasan Mangrove di wilayah pesisir.

“Hari ini kita akan menanam 4 ribu bibit Mangrove di wilayah Kalimireng Manyar Gresik, hutan mangrove merupakan salah satu bentuk ekosistem hutan yang unik dan khas, terdapat di daerah pasang surut di wilayah pesisir, pantai, dan merupakan potensi sumber daya alam yang sangat potensial yang berperan sebagai salah satu penunjang perekonomian masyarakat pesisir dan secara ekologis, ekosistem laut kita bersama harus menjaga kelestariannya. Saya berharap seluruh lapisan masyarakat memelihara dan menjaga pohon mangrove yang ditanam ini, agar dapat tumbuh dengan baik sehingga ekosistem dan biota laut dapat bermanfaat bagi masyarakat,”tuturnya.

Usai melakukan kegiatan penanaman Mangrove, Danramil Manyar Kapten Inf Imam Suudi, mengatakan, bahwa kegiatan penanaman Mangrove serentak kali ini melibatkan masyarakat dan para nelayan sekitar Kalimireng Manyar.

“Kami berharap semoga kita bisa sama-sama menjaga, karena pohon mangrove yang ditanam ini mempunyai manfaat yang sangat besar, diantaranya, mampu menahan air laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai serta sebagai pencegahan abrasi,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Danramil, mangrove memiliki peran sebagai tempat hidup dan tempat berlindung serta tempat mencari makan berbagai macam biota laut. dan yang tak kalah pentingnya mangrove memiliki fungsi sebagai penyerap gas karbondioksida (CO2) juga penghasil oksigen (O2) yang sangat bermanfaat untuk makhluk hidup. (bah)

Danramil Manyar Ikuti Penanaman Mangrove