Pancarkan.com
Berita UtamaPemerintahanPolitik

Camat Tak Temui Perwakilan Warga, Perkara Pemilihan Ketua RW 01 Kelurahan Bulak Berlanjut Polemik

Kantor Kecamatan Bulak

Surabaya, Pancarkan.com – Proses pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) 01 Kelurahan Bulak, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya yang digelar beberapa hari yang lalu, masih menjadi polemik. Hal ini karena proses pemilihan dinilai cacat hukum karena melanggar Peraturan Wali (Perwali) Kota Surabaya nomor 112 tahun 2022, tentang Pemilihan RT, RW dan LPMK.

Achmad Diran, warga RW 01 yang mencalonkan diri sebagai Ketua RW pun mengaku kecewa akan keputusan panitia pemilihan, dan tidak berpedoman sepenuhnya terhadap Peraturan Wali (Perwali) Kota Surabaya yang ada.

Karena dinilai tidak sesuai aturan, Achmad Diran bersama perwakilan warga yang mengatasnamakan diri mereka Aliansi Warga Bulak Rukem Timur 1 itu mengadukan masalah itu ke pihak Kelurahan Bulak dan Kecamatan Bulak.

“Mediasi yang digelar di Kantor Kelurahan tadi ternyata terjadi perbedaan pendapat antara pihak kelurahan, pemkot dan camat. Sebab ketika kami zoom meeting bersama pemkot sempat menyimpulkan diadakan pemilihan Ketua RW 01 ulang, namun Camat Bulak menganggap proses telah dianggap selesai dan tidak ada pemilihan ulang,” ucap Achmad Diran, Jumat (09/12/2022).

Perwakilan Warga Bulak Rukem Timur 1 ngeluruk di Kecamatan Bulak

Pasal yang dimaksud Achmad Diran beserta warga, yakni pasal 27 ayat 1 poin f, pasal 32 ayat 2 poin b, pasal 34 dan pasal 35 yang semuanya termasuk dalam Peraturan Wali (Perwali) Kota Surabaya No.112 tahun 2022.

“Setelah diajak meeting zoom dengan perwakilan Pemkot Surabaya dan Camat, kami berinisiatif menemui Pak Camat dikantornya. Namun kami tidak ditemuinya dengan berbagai alasan, padahal barusan saja Pak Camat menelpon Bu Lurah Bulak dan dengan Loudspeaker,” ujarnya dengan nada kesal.

Sementara itu, Lurah Bulak Anis Pudji Astutik mengatakan, pihaknya telah menyerahkan proses pemilihan Ketua RW 01 kepada panitia. Bahkan, ia mengaku tidak mampu mengintervensi panitia pemilihan, karena sudah ada peraturan yang jelas yaitu Perwali 112/2022 Kota Surabaya.

“Saya nggak bilang itu sesuai Perwali atau nggak, tapi tadi arahan dari Pak Camat meminta kami memanggil jajaran panitia beserta calon RW terpilih untuk diminta klarifikasi. Sedangkan untuk calon RW terpilih diminta melepas jabatan yang lain, jika masih tetap ingin menjadi Ketua RW 01 di Kelurahan Bulak,” ucap Anis Pudji Astutik, selaku Lurah Bulak.

Mediasi yang berlangsung di kantor kelurahan Bulak yang dihadiri oleh lima orang perwakilan warga RW 01, Lurah dan juga Kasi Pemerintahan Bulak terpantu juga terjadi upaya zoom meeting, dengan pihak pemerintah Kota Surabaya bagian hukum.

Sampai berita ini ditayangkan, belum ada keterangan resmi dari Bambang Udi Ukoro, SH, M.Si sebagai Camat Bulak, namun dari perwakilan kecamatan hanya menampung aduan terkait pemilihan Ketua RW tersebut, lalu disampaikan kepada Camat Bulak dan janji Hari Rabu 14/12/2022 esok akan memberi jawaban. (cdr)

Reporter: Ruth Candra

Editor: Rizal

Related posts

Bupati Mursini Kembali Temui Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko

redaksi

Gunung Toar Menuju Sentra Ekonomi Kreatif

redaksi

Walikota Batu Hj. Dewanti Rumpoko Buka Manasik Haji KBIH 2019

redaksi