Pancarkan.com
Pemerintahan

Gunung Toar Menuju Sentra Ekonomi Kreatif

KUANSING, PETISI.CO – Dihadiri Sekretaris Daerah Kuansing  Dr. Dianto Mampanini mewakili Bupati,  Rabu  (13/02/2019) membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Gunung Toar tahun 2020, di Gedung Serbaguna Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuansing Provinsi Riau.

Turut mendampingi Sekda DR.Dianto Mampanini,SE.MT, Asisten I Muhjelan Arwan, SH,MH, Asisten III Dr.Agus Mandar, S.Sos,M.Si, Para Staf Ahli dan sejumlah Kepala OPD berserta Para Kabag, Kabid dan kasubag/kasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi.

Sekda Dianto pimpin secara langsung dialog dengan masyarakat Gunung Toar guna dengar sumbang saran serta usulan kegiatan dalam pembahasan musrenbang kecamatan untuk menuju Gunung Toar yang lebih berkembang di tahun 2020 nantinya.

Dikatakannya, Kecamatan Gunung Toar ini cocok dijadikan Sentra Kampung Batik dan ekonomi kreatif lainnya.

Hal ini dipandang perlu mengingat lokasi kecamatan secara georafisnya dekat dengan ibukota kabupaten, selain itu penduduk setempat khususnya kaum perempuan yang juga bisa dijadikan penunjang penghasilan untuk keluarga.

Tentu dengan peningkatan keterampilan di berbagai bidang misalnya membatik, dan membordir, membuat tas serta pengembangan usaha kecil menengah seperti kerupuk sagu, salai ikan yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi masyarakat kuansing yang pulang kampung.

“Kita pada beberapa bulan lalu sudah mengadakan kunjungan kerjasama dengan Pengusaha Batik dan Bordir di Padang, untuk meningkatkan sumber daya manusia Gunung Toar, kita bisa kirim 75 orang secara bertahap untuk pada pelatihan membatik dan membordir. Silahkan untuk setiap desa bisa mengirim 4 atau 5 orang setiap desa,” terang Sekda Dianto.

Camat Gunung Toar Eris biasa disapa,  menyampaikan prioritas pemantapan infrastruktur untuk Kecamatan Gunung Toar tahun 2020 yang menghubungkan akses jalan ke desa-desa yang dibatasi aliran sungai, diantaranya  Pembangunan Jembatan Toar Teberau Panjang (240 meter) dan Pembangunan Jembatan Gantung Lubuk Terentang – Siberobah (98 Meter).(gus)

The post Gunung Toar Menuju Sentra Ekonomi Kreatif appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Diskominfo Ekspose Data Statistik Pemkab Sidoarjo

redaksi

Pemkot Batu Sosialisasi Tahapan Pemilu Tahun 2019

redaksi

Bupati Faida Merotasi 3 Pejabat Pemkab Jember

redaksi