Pancarkan.com
Peristiwa

Babinsa Tempat Curhat Masyarakat Petani di Balongpanggang

Serda Hari Santoso mendengarkan curhat petani binaan

Gresik,Pancarkan.com-Berbagai aspek kehidupan masyarakat dan permasalahannya tak lepas dari peran aktif Babinsa dalam proses penyelesaiannya. Dengan kondisi yang nyata, kehadiran Babinsa ditengah masyarakat dapat menjadi tempat terbaik untuk berkeluh kesah, serta guna menuangkan semua kendala yang sedang dihadapi warga binaannya.

Contoh kedekatan dialami oleh Serda Hari Santoso Babinsa Koramil 0817/09 Balongpanggang, bersama petani di Desa Prambon  RT 03 RW 05 Kec. Balongpanggang Gresik. Pihaknya mengaku sebagai seorang prajurit kewilayahan, ia harus mampu menjadi solusi terbaik dan mengedukasi warga masyarakat binaannya, sehingga bisa mendapatkan hidup yang lebih baik dan sejahtera.

Kali ini, Serda Hari Santoso sambangi petani binaan bernama Sumarni dan suaminya, dalam kesempatan tersebut, ia mengatakan bahwa seorang Babinsa harus cepat menyesuaikan diri dengan kondisi dan situasi yang ada. Karena di setiap permasalahan masyarakat harus mampu menguasai dan dapat memberikan solusi penyelesaiannya dengan bijaksana.

“Hari ini saya mendapat curhatan dari warga binaan, yaitu seorang petani Jagung dan Singkong terkait sulitnya air sehingga kendala panen kerap dialami ketika musim kemarau, dikarenakan di daerah Dusun Prambon Desa Klotok sulit mendapatkan air untuk mengairi lahan pertanian dan kebutuhan masyarakat. Kendala yang dialami masyarakat tersebut akan kami kordinasikan dengan Instansi terkait dan perangkat desa untuk mencarikan solusinya,”tutur Hari Santoso, Senin (25/7/2022).

Hari Santoso, menambahkan, berkaca dari wilayah binaan Koramil 0817/18 Tambak beberapa hari yang lalu, disana sedang dilakukan pengerjaan pembuatan tandon yang dapat menampung air hujan maupun sumber air bersih. Sehingga mampu mensuplay kebutuhan air bagi warga masyarakat sekitar, termasuk digunakan untuk pengairan sawah ataupun lahan para petani disana, semoga didaerah ini juga akan di buatkan tandon air seperti di Kecamatan tambak.” harapnya.

Sementara, Sumarni menyampaikan, bahwa Babinsa di desa ini sangat membantu sekali dan kami lebih nyaman untuk bercerita atau curhat kepadanya (Babinsa red), karena benar-benar ndak ada batasan sehingga kami merasa nyaman.

“Apalagi pak Babinsa walaupun tentara tapi ndak ada kesan keras, malah santun dan merakyat. Yang kami sukai, apapun yang kami sampaikan pak Babinsa selalu memberikan masukan dengan baik dengan sudut pandang yang membuat kami para petani bisa tetap semangat,”ujarnya sembari memilah milah singkong hasil panennya. (bah)

Related posts

Bantu Data Vaksin Masuk, Polda NTB Lakukan Trobosan Batalyon Pcare

Peringati HUT Lantas Bhayangkara ke-67, Satlantas Polrestabes Surabaya Gelar Baksos dan Bagikan Bansos

Puluhan Motor Resahkan Warga Diamankan Polres Gresik