Pancarkan.com
Peristiwa

Bantu Data Vaksin Masuk, Polda NTB Lakukan Trobosan Batalyon Pcare

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal tinjau pembaharuan data vaksinasi Batalyon Pcare

Lombok Tengah, Pancarkan.com – Untuk membantu pemerintah dalam mendukung Vaksinasi, terlebih pembaruan data yang dilakukan Irjen Pol Mohammad Iqbal patut diapresiasi. Pasalnya, melalui trobosan Batalyon Pcare dapat membantu Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

Hal itu juga mendapat pujian dari Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rondonuwu, pihaknya mengatakan trobosan ini dapat dijadikan contoh Provinsi lainnya di Indonesia.

“Apa yang dilakukan Kapolda NTB adalah contoh yang sangat baik menjadi model, bisa direplikasi ke daerah lain. Hal ini karena estimasi data manual yang sudah divaksin, belum masuk Pcare sekitar sebelas juta,” ujarnya, Jum’at (1/10/2021).

Maxi juga menjelaskan, ada beberapa kendala daerah lambat memasukkan data ke dalam Pcare. Di antaranya, akses internet di daerah, masalah NIK, serta sistem KPCPEN atau Pcare yang kadang bermasalah.

Langkah Polda NTB membuat Batalyon Pcare bersama jajarannya mampu menstimulus penginputan data. “Inovasi Polda NTB sangat membantu pemerintah dalam ketersediaan data vaksinasi yang benar dan tepat waktu,” kata Kapolda NTB, selain membentuk Batalyon Vaksinator dan Satgas Kombes, juga mendirikan Batalyon Pcare.

Batalyon Pcare itu disiagakan di Polres Lombok Tengah yang menjadi episentrum percepatan vaksinasi dalam rangka perhelatan World Superbike 2021. Batalyon Pcare tersebut diisi oleh personel Polri, TNI, Dukcapil, tenaga kesehatan, dan relawan.

Mereka bertugas membantu membuatkan NIK masyarakat serta menginput data warga yang sudah divaksin ke aplikasi Pcare Vaksinasi milik BPJS. Batalyon Pcare memiliki banyak fungsi, diantaranya, membantu proses registrasi dan mencatat status kesehatan para penerima vaksin, serta melaporkan hasil vaksinasi Covid-19 agar pemerintah dan warga cepat mendapat informasi capaian vaksinasi secara nasional.

Di Kabupaten Lombok tengah ada beberapa lokasi vaksinasi yang tidak ada sinyal internet. Sebab, situasi dan kondisi alam desa-desa di kabupaten yang akan ada perhelatan internasional itu banyak perbukitan, lembah, dan juga lautan.

Kompol dr. Hery Prayoga, selaku penanggung jawab Batalyon Pcare menjelaskan banyaknya lokasi yang tidak tersentuh oleh sinyal internet menjadi dasar terbentuknya tim tersebut.

“Kami dari Polda NTB membentuk Batalyon Pcare dalam rangka mempercepat program vaksinasi nasional, khususnya di Kabupaten Lombok Tengah ini,” jelasnya dalam keterangan tertulis.

Batalyon Pcare juga melihat masih banyak warga di pelosok yang belum memiliki KTP elektronik. Kendala tersebut dapat diatasi dengan melibatkan Dinas Dukcapil untuk melakukan verifikasi NIK warga yang belum memiliki KTP elektronik.

“Ini ide cemerlang dari Bapak Kapolda NTB untuk mengatasi hal tersebut, dengan demikian capaian vaksinasi di Lombok Tengah akan segera terlihat dan dapat di-update setiap hari,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Bachtiar

Related posts

PAC GP Ansor dan Banser Pakal Galang Bantuan Musibah Semeru

Pastikan Anggota Bersih Dari Narkoba, Polres Tuban Rutin Laksanakan Tes Urine Personel

redaksipancarkan

Peringati HUT RI ke 77 Kapolres Upacara di Halaman Kantor Kabupaten Gresik

redaksipancarkan