Pancarkan.com
Peristiwa

Pemeriksaan Kesehatan Hewan Secara Intes di Lakukan Polsek Tandes

Pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban

Upaya Untuk Pengendalian dan Pencegahan PMK Terhadap Hewan Kurban

Surabaya, Pancarkan.com-Dalam menghadapi hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, Polsek Tandes Polrestabes Surabaya bersama tiga pilar, secara intens melakukan pencegahan dan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Salah satu upaya mengantisipasinya, yaitu dengan melaksanakan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan hewan ternak yang ada di wilayah Kecamatan Tandes Surabaya.

Pemeriksaan juga dilakukan ke lokasi pedagang hewan kurban, seperti kali ini mengawal Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang dijual di Jalan Raya Bibis dan Wonorejo Manukan, Tandes Surabaya, Senin (4/7/2022).

Kapolsek Tandes Polrestabes Surabaya Kompol Danu Anindhito Kuncoro Putro, S.I.K, MH melalui Bhabinkamtibmas Aiptu Lukman Hariyadi, SH, mengatakan, pemeriksaan tidak hanya pada kesehatan hewan, juga dilakukan pemeriksaan terhadap asal hewan dan para pedagangnya.

“Pengawasan tersebut dilakukan guna menjaga agar hewan yang dipotong sehat dan terbebas dari PMK serta dagingnya layak dikonsumsi,” ujarnya.

Selama ini, lanjut Lukman, dalam pengawasan hewan kurban, hingga dilakukannya pemeriksaan untuk kesekian kalinya belum menemukan penyakit yang membahayakan.

“Apabila dinyatakan telah memenuhi persyaratan teknis hewan kurban, maka akan mendapatkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari DKPP Kota Surabaya,” ungkapnya.

Ia menerangkan, selain pemeriksaan kesehatan, Polsek Tandes bersama tiga pilar juga melaksanakan penyekatan jalur luar kota yang masuk melalui wilayah Kecamatan Tandes. Lukman menegaskan, tiga pilar Tandes tak segan segan memutarbalikkan kendaraan pengangkut hewan ternak apabila tidak di lengkapi dengan surat izin kesehatan dari daerah asal.

“Tentunya ini langkah dari kami untuk menjaga situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif, terutama menjelang hari raya Idul Adha,” pungkas Bhabinkamtibmas Kelurahan Manukan Wetan. (bah)

Related posts

Tak Masuk DPT, Puluhan Warga Jambean Kediri Lapor KPU Jatim

redaksi

Pohon Tumbang Makan Korban, Pengguna Jalan Tewas

redaksi

Warga Benowo Digegerkan Penemuan Mayat Misterius

redaksi