Pancarkan.com
Peristiwa

Camat dan Kapolsek Pakal: Sampaikan Pesan Positif Pada Masyarakat

Camat Pakal dan Kapolsek Pakal Apresiasi Lukisan Relif dan Mural Bersifat Positif

Surabaya, Pancarkan.com-Setelah melaksanakan kegiatan rutin Operasi Yustisi protokol kesehatan dilanjutkan patroli PPKM level II untuk memberikan imbauan kepada masyarakat terkait prokes. Selain patroli PPKM Tiga Pilar Pakal juga melaksanakan patroli kamtibmas di kampung kampung maupun perumahan pemukiman padat penduduk guna mengantisipasi terjadinya tindak kriminalitas di situasi pandemi ini.

Sembari melakukan pemantauan wilayah, Tiga Pilar Pakal mengunjungi jalan gang yang di hiasi lukisan relif dan mural yang berada di Perumahan Pondok Benowo Indah (PBI) Kel. Babat Jerawat, Kecamatan Pakal Surabaya pada hari Sabtu (4/9/2021) malam.

Jalan Gang Perum Pondok Benowo Indah (PBI) tepatnya di RT 3 RW 12 tersebut nampak terlihat indah dengan dihiasi lukisan relif dan mural. Menurut warga RT 3, bahwa kegiatan memperindah kampung tersebut dengan lukisan adalah hasil inisiatif masyarakat setempat, agar lingkungan nampak lebih menarik dan indah serta bersih.

Lukisan relif dan mural tersebut dilukis oleh warga sendiri pada malam hari disetiap sudut jalan (gang) serta dinding rumah, diantaranya, lukisan relif pohon rindang dan terkesan sejuk disertai pemandangan alam dengan menampilkan keindahan yang terkesan alami, selain itu juga terdapat lukisan bebatuan, aliran sungai,  gunung serta binatang yang terdapat di sudut gang, yang nantinya juga menggambarkan lukisan relif dan mural sebagai pesan pesan sosial.

Sementara, Camat Pakal Tranggono Wahyu Wibowo SSTP, M.Si, mengapresiasi atas kreativitas warga PBI, menurutnya hal tersebut membuat jalan nampak lebih indah dan unik, selain itu dapat dijadikan media untuk berfoto.

“Selama itu merupakan kegiatan positif saya sangat mengapresiasi, yang terpenting tetap jaga protokol kesehatan karena saat ini masih pandemi,” tuturnya, Selasa (7/9/2021).

Ia berharap, kreativitas seni Lukis dan mural tersebut dapat di jadikan contoh oleh masyarakat lainnya agar lingkungan sekitar dapat menjadi menarik, bersih dan nyaman. Dimana sebelumnya terlihat kumuh dan kotor akan bisa berubah jadi indah.

Saya meminta, lanjut Tranggono, selain memperindah kampung program Satgas Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo agar diaktifkan kembali, guna mengantisipasi penyebaran virus covid 19 terhadap warga masyarakat diwilayah setempat.

“Sehingga dapat membantu memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 tersebut minimal di tingkat RT dan RW masing masing,” imbau Camat yang supel dan tegas ini.

Di tempat terpisah, Kapolsek Pakal AKP Christian Bagus Yulianto SH, SIK, menyampaikan, dalam masa pandemi covid 19 ini, silahkan mengisi waktu dengan kegiatan yang baik (positif), relif atau lukisan mural merupakan bagian dari seni yang harus di hargai.

“Saya minta seluruh masyarakat, khususnya di PBI silahkan untuk berkreasi, inovasi, melalui mural kemudian grafiti, coretan, sejauh itu dilakukan di tempat yang baik dan tidak mengganggu serta isinya yang positif dan konstruktif kami bisa memahami,” tegas Christian.

Orang nomer satu di jajaran Polsek Pakal ini juga menambahkan, untuk lukisan, relif dan mural yang dibuat harus bersifat ajakan baik. Karena lukisan tembok jalanan itu akan dilihat banyak orang dan akan mengartikannya.

“Sampaikan pesan pesan kamtibmas maupun patuh akan protokol kesehatan dalam masa pandemi ini, agar warga masyarakat yang melihat lukisan tersebut semakin menyadari akan pentingnya prokes dan secara sadar selalu patuh prokes,” pesan Alumnus Akpol 2010 itu. (bah)

Related posts

Kodim Surabaya Timur Gelar Sosialisasi Wasbang Triwulan 1 TA 2020

Waduk DAM Sumber Urip Mengering, Warga Bajuran Menjerit

Wawalikota Buka Muskercab BPC Gapensi Kota Batu

redaksi