Pancarkan.com
Peristiwa

Koramil 0817/ 09 Balongpanggang Upsus Pertanian

GRESIK, PETISI.COKoramil 0817/ 09 Balongpanggang melakukan kegiatan Upaya Khusus (UPSUS) Pertanian di lahan persawahan petani Dusun Bangle, Desa Tenggor, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, Senin (28/1/2019).

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan instansi terkait, yaitu dalam hal upaya penanggulangan hama padi yang sudah mulai mengganggu tanaman padi para petani. Upaya khusus tersebut dilakukan dalam hal pencegahan hama terhadap berbagai penyakit yang dialami oleh tanaman padi para petani, dengan faktor pembawanya, yaitu berupa virus bakteri dan hewan pengganggu.

Dalam mengatasi hal yang demikian, pihak pendampingan pertanian dari Koramil bersama dengan Tim UPT Pertanian Balongpanggang, dan juga pihak Kecamatan terjun langsung di lahan sawah milik warga masyarakat yang berada di Desa Tenggor, untuk bersama – sama melakukan Upaya Khusus (UPSUS) guna meningkatkan hasil swasembada pangan di wilayah agar tetap tercapai dengan maksimal.

Pada kesempatan tersebut para petani mendapatkan penyuluhan, yaitu cara membasmi hama yang baik dan sesuai prosedur aturannya, dengan dilakukan demo penggunaan dan cara untuk penyemprotan hama padi dari UPT Pertanian Balongpanggang, yang dibantu oleh anggota Koramil 0817/ 09 Balongpanggang.

Sosialisasi dan praktek lapangan dalam penanggulangan hama padi ini, dihadiri Koordinator POPT Balongpanggang, Ahmad Zaenuri, Danramil 0817/ 09 Balongpanggang, Kapten Inf. M. Zainudin SH, Camat Balongpaggang M. Jusuf Ansyori, Kepala PPL Balongpanggang Sodikin, Kepala Desa Tenggor Suharsono beserta Perangkat Desanya dan warga masyarakat yang hadir kurang lebih 100 orang.

“Penyuluhan dan praktek langsung cara penggunaan obat dalam penanggulangan hama ini, digelar secara bersama-sama untuk menghindari risiko gagal panen akibat dari serangan penyakit blas oleh bakteri atau jamur,” kata Ahmad Zaenuri.

Untuk itu, lanjut Zaenuri, kedepan kami berharap kepada para petani agar lebih eksis, terutama dalam pengawasan dini sangat penting, agar nantinya hasil panen bisa maksimal.

Dalam menindaklanjuti keluhan dari masyarakat, dengan adanya hama yang sedang menyerang tanamam padi di Lahan persawahan di Desa wilayah Teritorialnya Kec. Balongpanggang. Dandim 0817/ Gresik, Letkol Inf. Budi Handoko, S.Sos, telah memerintahkan kepada para Danramil dan anggota jajarannya, untuk segera action dalam melakukan UPSUS di bidang pertanian, sehingga tanaman padi para petani tidak sampai gagal panen dan hasilnya akan lebih maksimal lagi.

“Oleh sebab itu kami dari Koramil 0817/ 09 Balongpanggang, ikut serta kegiatan teknis upaya penanggulangan hama padi yang diadakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Gresik ini, dan kami sangat mendukung sekali kegiatan ini, sehingga dampak positifnya agar bisa membantu para petani diwilayahnya, agar dapat mencapai hasil yang baik dan maksimal,” tambah Kapten Zainuddin.

Sementara Kades Tenggor Suharsono, menyampaikan, bahwa kami atas nama Pemerintahan Desa dan para warga petani, yang ikut kegiatan penyuluhan dan praktek bersama ini, merasa sangat berterima kasih sekali, kegiatan ini bisa menambah pengetahuan dan juga pemahaman kami semua, khususnya dalam hal penggunaan obat pembasmi hama sesuai prosedur yang benar. (bah/pen)

The post Koramil 0817/ 09 Balongpanggang Upsus Pertanian appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

AKP Christian Minta Pengurus Ponpes Tetap Terapkan Prokes

Kajari: Perempuan Kota Batu Harus Kembangkan Potensi Diri

redaksi

Koramil 0830/06 Benowo Dampingi Pemindahan Pasien Isoman ke Rumah Sehat