PEKAT IB Apresiasi Walikota Sawahlunto

181 views

SAWAHLUNTO, PETISI.CO – Pidato Deri Asta, Walikota Sawahlunto pada momen Makan Bajamba dalam rangka memperingati Ulang Tahun (HUT) Kota Sawahlunto Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (1/11/2018), menjadi penegasan untuk seluruh elemen masyarakat Kota Sawahlunto dan stake holder pemerintah daerahnya.

Ia mengharapkan peran serta berbagai pihak, agar berkontribusi dalam bentuk apapun dan sesuai tugas fungsi masing-masing demi kemajuan, serta Sawahlunto yang lebih baik.

Diantara peran serta itu adalah ide kreatif dan kontrol sosial, agar terciptanya sinergisitas pembangunan yang tepat guna.

Rico Adi Utama, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (PEKAT IB) Kota Sawahlunto, mengapresiasi harapan Walikota Sawahlunto dengan kebutuhannya terhadap peran serta tersebut dan ide pembangunan termasuk kontrol sosial.

“Walikota terpilih periode kali ini adalah periode lepas landas, seperti diskusi saya dengan Pak Taufik Syamsir, salah satu tokoh perantau Kota Sawahlunto, beberapa waktu lalu. Oleh sebab itu, perlu adanya ide kreatif untuk memacu percepatan pembangunan diberbagai bidang, sehingga Walikota bisa bekerja dengan sebaik-baiknya,” ungkap Rico Adi Utama Rabu (05/12/2018).

Lebih lanjut Rico Adi Utama menjelaskan, bahwa dengan adanya Zohirin Sayuti selaku Wakil Walikota Sawahlunto, dapat menguatkan Deri Asta dalam menjalankan roda pemerintahan.

Sebab, menurut Rico, dengan pengalaman Zohirin sebagai birokrat senior dan mantan Sekdako Sawahlunto, sosok gaek tersebut tentu sangat faham dengan kondisi di Pemerintahan Kota Sawahlunto.

“Apalagi, sesuai Undang Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dengan jelas Wakil Kepala Daerah/Wakil Walikota bertugas membantu Kepala Daerah (Walikota) mengkoordinasikan kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan menindaklanjuti laporan dan/atau temuan hasil pengawasan aparat pengawasan. Kemudian, memantau dan mengevaluasi OPD tersebut,” paparnya.(gus)

Sawahlunto