Pancarkan.com
Peristiwa

Polairud Polres Gresik Tanam 1000 Mangrove di Hari Perhubungan Nasional

Kasat Polair Polres Gresik tanam pohon mangrove

Gresik,Pancarkan.com – Polairud melakukan kegiatan penanaman pohon Mangrove di wilayah pesisir Desa Karang Kiring Kecamatan Kebomas Gresik. Kegiatan tersebut dalam rangka hari Perhubungan Nasional ke 52, dimana penanaman pohon mangrove kali ini dilakukan oleh 50 personil, Rabu (7/9/2022).

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kasat Polairud AKP Poerlaksono, mengatakan, bahwa penanaman pohon Mangrove sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan dan guna antisipasi terjadinya abrasi pantai.

“Ini merupakan arahan Kapolri, yaitu Polri peduli penghijauan, oleh karenanya kami  menanam bibit mangrove,” tuturnya.

Akpol Lulusan 2002 itu menambahkan, bahwa selain sebagai program penghijauan dan juga mencegah abrasi, penanaman pohon mangrove tersebut nantinya sebagai tempat untuk berkembangnya ekosistem laut.

“Ekosistem laut akan terjaga, tentunya ini juga akan berguna untuk anak cucu kita kelak,” tambahnya.

Sementara Kasat Polairud menyiapkan 1000 pohon mangrove yang nanti akan ditanam di lokasi pesisir Desa Karang Kiring sebagai penahan abrasi air laut.

“Sebanyak 1000 bibit mangrove ditanam. Penanaman pohon mangrove ini dilakukan di Pesisir Desa Karangkiring,” ucap AKP Poerlaksono.

Mengenai hal tersebut, Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis, juga menjelaskan, jika hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem hutan dengan kelompok tumbuhan yang dapat hidup di daerah dengan kadar garam yang tinggi.

“Hutan mangrove sangat berguna bagi lingkungan, diantaranya menvegah intrusi air laut, abrasi dan erosi pantai, sebagai tempat hidup dan sumber makanan sejumlah fauna dan biota laut, menguraikan limbah dan menjaga kestabilan topografi pesisir,” jelas AKBP Azis. (bah)

Related posts

Diduga Depresi, Pemuda Bondowoso Coba Bunuh Diri

Wakil Bupati Banyuwangi Deklarasi ODF

redaksi

RSKH Batu Berikan Pemeriksaan Gratis Kepada Masyarakat

redaksi