Pancarkan.com
AdvertorialBerita UtamaPendidikan

UNDIRA Gelar Workshop Untuk Dosen Tingkatkan Sinta Score

UNDIRA ketika tingkatkan Sinta Score dengan menggelar Workshop untuk para Dosen

Jakarta, Pancarkan.com – Pembaruan data SINTA memiliki peranan penting dalam publikasi karya ilmiah dosen, terkait dengan hal itu Lembaga Riset Pengabdian Masyarakat (LRPM) Universitas Dian Nusantara menggelar “Workshop Pembaruan Data Akun SINTA”.

SINTA merupakan sebuah portal online yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek untuk mengindeks seluruh publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal terakreditasi dan bereputasi. Sehingga SINTA bisa digunakan untuk mencari referensi dalam bentuk jurnal ilmiah dan menjadi salah satu media bagi pemerintah maupun institusi untuk mengukur kinerja dosen maupun institusi itu sendiri di ranah publikasi ilmiah.

Selain itu, kepemilikan akun di dalam SINTA juga dapat membantu para peneliti ataupun dosen dalam melakukan tata kelola publikasi karya ilmiahnya. Bahkan dosen juga bisa memastikan atau mencari tahu apakah publikasi ilmiahnya sudah masuk ke dalam database SINTA atau belum.

Dalam kepemilikan akun SINTA para dosen juga dapat memuat seluruh jurnal-jurnal ilmiahnya yang telah dipublikasikan pada jurnal internasional terakreditasi maupun jurnal yang dikelola di luar negeri.

Akun SINTA yang telah dibuat juga bisa dihubungkan dengan Google Scholar hingga Scopus. Sehingga jurnal yang telah dipublikasikan oleh para peneliti maupun dosen dapat terintegrasi kedalam akun SINTA, baik jurnal nasional maupun internasional. Artinya, SINTA juga berfungsi sebagai media untuk mendata publikasi dosen.

Terkait dengan hal itu, dosen Tetap/Homebase UNDIRA diwajibkan untuk memperbarui data pada akun SINTA dari para dosen, dengan tujuannya adalah dapat mengindeks seluruh publikasi ilmiah dosen dalam bentuk jurnal terakreditasi dan bereputasi yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek maupun pada jurnal internasional.

Untuk itu, LRPM UNDIRA akhirnya menggelar “Workshop Pembaruan Data Akun SINTA”, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai pembaruan akun data SINTA kepada para dosen UNDIRA, sehingga dosen dapat memaksimalkan kontribusinya dalam penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Acara yang berlangsung secara hybrid melalui aplikasi zoom
Acara yang berlangsung secara hybrid dan secara offline di Aula Lantai 6, UNDIRA, Jakbar

Acara tersebut telah berlangsung pada hari Jumat, (16/02/2024), secara hybrid melalui aplikasi zoom dan secara online yang bertepatan di Aula Lantai 6, Universitas Dian Nusantara, Jakarta Barat.

Workshop Pembaruan Data Akun SINTA yang dimulai sekitar pada pukul 09.30 WIB hingga selesai ini, juga turut dihadiri oleh para peserta yang diantaranya merupakan Dosen Tetap/Homebase UNDIRA, serta melibatkan dua narasumber terkemuka dalam bidangnya, yakni Caturida Meiwanto Doktoralina, Ph.D., M. Ak (Dekan FBIS, Universitas Dian Nusantara) dan Ari Apriani SE, MM (Kepala Biro LRPM UNDIRA).

Ari Apriani SE, MM, Kepala Biro LRPM UNDIRA

Pada kegiatan tersebut Ari Apriani SE, MM selaku Kepala Biro LRPM UNDIRA dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang telah menghadiri kegiatan Workshop Pembaruan Data Akun SINTA pada hari ini.

“Terimakasih telah hadir pada kesempatan ini untuk bersama-sama meningkatkan pemahaman dalam keterampilan kita dalam mengelola informasi yang berkualitas,” ucap Ari Apriani SE, MM, Jumat, (16/02/2024).

Dalam sambutannya, beliau juga menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan pada hari ini merupakan langkah penting dalam mendukung upaya peningkatan kualitas terutama di UNDIRA.

“Dengan adanya pembaruan data SINTA kita dapat memastikan bahwa informasi yang tersedia ini dapat akurat dan relevan,” ujarnya.

Ari Apriani SE, MM, berharap dengan diadakannya kegiatan ini, seluruh dosen UNDIRA yang telah memiliki akun SINTA dapat dilakukan pembaruan terkait dengan publikasi yang telah dilakukan oleh para dosen UNDIRA.

“Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan ini kami harap seluruh dosen UNDIRA dapat meperbarui data Id SINTA, saya yakin melalui kolaborasi dan diskusi yang produktif hari ini kita akan memperoleh wawasan yang berharga, dan keterampilan yang diperlukan untuk menjaga konsistensi dan keakuratan data akademik, oleh karena itu mari kita manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin dan berkontribusi secara aktif dan mencapai tujuan bersama untuk UNDIRA yang lebih baik,” tutupnya.

Ir.Margono Sugeng, M.Sc., Wakil Rektor I Bidang Akademik

Kemudian dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor I Bidang Akademik yakni, Ir.Margono Sugeng, M.Sc juga menyampailkan bahwa Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat telah menetapkan klasterisasi perguruan tinggi berdasarkan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada klaster ada mandiri, utama, madya dan pratama.

“Oleh karena itu dalam klasterisasi ini, sebagai metode yang digunakan dalam mengidentifikasi adalah mengukur kinerja dan mengelompokkan perguruan tinggi diharapkan dapat mengakselerasi dapat mempercepat kinerja perguruan tinggi melalui LRPM dalam skema-skema kolaborasi yang menyatukan dan mensinergikan semua potensi yang ada di perguruan tinggi melalui kolaborasi antar perguruan tinggi lintas klaster dalam peningkatan kualifikasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ucap Ir.Margono Sugeng, M.Sc.

Selain itu, beliau juga mengucapkan terimakasih dan berharap dengan adanya acara ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan khususnya kepada seluruh perserta.

“Kami berharap bahwa dengan mengikuti acara workshop ini nanti seluruh peserta akan memperoleh materi yang sangat fresh dalam mengikuti workshop pada hari ini,” tambahnya.

“Kami juga menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada LRPM, kepada panitia yang telah mempersiapkan acara ini dengan sangat baik, semoga kerja keras dari seluruh panitia dan tim yang telah bekerja memperoleh imbalan yang berlipan ganda dari Allah SWT,” imbuhnya.

Caturida Meiwanto Doktoralina, Ph.D., M. Ak., Dekan FBIS, UNDIRA

Dalam acara tersebut, Caturida Meiwanto Doktoralina, Ph.D., M. Ak selaku narasumber memberikan paparannya, beliau menyampaikan bahwa ada beberapa akun Google Scholar yang dimiliki oleh dosen di UNDIRA perlu diperbaiki. Hal ini disebabkan diantaranya berdasarkan ketidaksesuaian data hasil karya ilmiah, sinkronisasi yang tidak tepat, indeksasi yang tidak akurat, dan normalisasi data yang tidak sesuai.

Menanggapi hal tersebut, Caturida Meiwanto Doktoralina, Ph.D., M. Ak menekankan bahwa pentingnya melakukan tindakan untuk mengatasi permasalahan ini, yakni dengan pembaruan data pada akun SINTA pada seitan dosen di UNDIRA.

Ari Apriani SE, MM, ketika berikan bimtek

Selain itu, Ari Apriani SE, MM yang juga merupakan selaku narasumber pada acara tersebut juga menyampaikan bahwa pentingnya dalam pembaruan data pada akun SINTA dengan tujuan untuk klasterisasi perguruan tinggi, membuka peluan kolaborasi riset dan pengabdian masyarakat, verifikasi data usulan hibah DIKTI, Beban Kinerja Dosen (BKD), jabatan fungsional, penyedia data akreditasi dan juga untuk mengukur produktivitas dosen dan peneliti.

Dalam kegiatan tersebut beliau juga memberikan bimbingan secara teknis mengenai sinkronisasi data SINTA agar teritegrasi ke Scopus, Web of Science, Google Scholar hingga GARUDA.

Selain memberikan bimbingan, Ari Apriani SE, MM juga memberikan pendampingan secara teknis dalam penginputan hasil publikasi karya yang belum tercatat pada database SINTA seperti Buku dan Kekayaan Intelektual (KI).

“Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para dosen UNDIRA tentang pentingnya pengelolaan data SINTA yang baik dan benar. Dengan demikian, diharapkan kualitas dan prestasi akademik dosen UNDIRA dapat meningkat, serta meningkatkan visibilitas dan reputasi UNDIRA di kancah nasional dan internasional,” pungkasnya. (riz)

Related posts

Bersama Jaga Kamtibmas, Polsek Kembangbahu Rutin Gelar Kegiatan Sambang Desa

Satlantas Polrestabes Surabaya Gelar Giat Analisa dan Evaluasi SIM Cak Bhabin

Lomba PBB di Pendopo Kecamatan Tlogosari Bondowoso