Pancarkan.com
Peristiwa

Camat Pakal Launching Cucian Motor Gamis Program Padat Karya

Camat Pakal Deddy saat meresmikan tempat Cuci Motor Gamis di RW 01 Kel. Babat Jerawat program padat karya

Surabaya,Pancarkan.com-Dalam rangka menumbuhkan perekonomian masyarakat Kota Surabaya, khususnya terhadap keluarga miskin (Gamis). Walikota Surabaya Eri Cahyadi, melalui program padat karya memberikan bantuan alat alat untuk membuka lapangan pekerjaan.

Seperti halnya yang terwujud kali ini, terhadap salah satu warga di RT 5 RW 1 Kelurahan Babat Jerawat Kec. Pakal menerima bantuan berupa perlengkapan peralatan cuci motor. Sehingga nantinya keluarga miskin bisa memperoleh pendapatan dengan membuka lapangan kerja cuci motor di wilayahnya tersebut.

Didampingi Lurah Babat Jerawat Darmawan, Camat Pakal Deddy Sjahrial Kusuma SH, langsung meresmikan tempat atau keberadaan cuci motor gamis di wilayah RT 5 RW 01 Babat Jerawat yang mulai dioperasikan.

Dalam sambutannya, Camat Pakal, menyampaikan, bahwa ini adalah program padat karya yang ada di wilayah Kec. Pakal, yaitu di RW 1 Kelurahan Babat Jerawat. Dimana pemkot telah memberikan bantuan sejumlah alat semprot, kompresor dan water profile yang disiapkan untuk cuci motor.

“Jadi tadi sudah kita launching Cuci Motor Gamis RW 01 dengan tarif RP. 10.000, dan nantinya yang melaksanakan atau tenaganya dari keluarga miskin yang ada di wilayah setempat. Saya apresiatif karena ini adalah program pemerintah, programnya mas Eri Walikota Surabaya untuk menumbuhkan perekonomian di masyarakat,” terang Deddy, Kamis (9/3/2023).

Camat bersama Kasi Kesra Pakal mempraktekan alat cuci motor

Menurut Deddy, dengan adanya program tersebut maka dapat menjadi sumber pendapatan bagi keluarga miskin yang ada di wilayah RW 01. Selain alat cuci motor juga ada banyak lainnya, namun sementara ini yang ada di Pakal alat cuci motor karena sudah tersedia jadi tinggal langsung pakai.

“Karena alat ini pakainya juga gampang ndak terlalu sulit hanya mengisi air. Kami berharap dari program ini, dimana pemerintah telah memberikan bantuan, kalau warga membutuhkan suatu pekerjaan apapun itu “monggo” untuk bisa berkordinasi dengan kita dan nanti kita upayakan, atau mungkin melalui pelatihan terlebih dahulu akan kita sampaikan ke Dinas Tenaga Kerja terkait materi pelatihannya,” ungkap Camat.

Sehingga, tambah Deddy, nantinya bisa di kembangkan dengan peralatan peralatan yang lain. Misalnya seperti laundry, kopi keliling atau ada ide ide yang mungkin bisa di sampaikan atau kita punya pengembangan lain akan disambungkan ke pak rw dan para KSH.

“Jadi peluang itu apapun bisa, yang penting serius karena ini memang untuk warga. Sehingga diharap agar dapat memanfaatkannya, mari kita bersinergi dan bergotong royong untuk mengentas kemiskinan melalui program padat karya ini,” pungkas Camat Pakal.

Hadir dalam kegiatan, Camat Pakal Deddy Sjahrial Kusuma, Kasi Kesra Kec. Pakal Bagus, Lurah Babat Jerawat Drs. Darmawan, Babinsa Kel. Babat jerawat Serka Rosidi dan Koptu Didik Sasmito, Projopati Kel. Babat Jerawat, Staf Kesra Kec. Pakal, Staf Pemerintahan Kel. Babat Jerawat, Bangtib, Staf Kesra Babat Jerawat, Sekretariat Kel. Babat Jerawat, Ketua RW 1 H. Sururi S.Pd.I, Ketua RT 5 RW 1, Ketua RT 4 RW 10 Dewi Nafisah S.Pd, KSH dan warga Gamis penerima Padat karya cucian motor. (bah)

Related posts

Pangarmada II Dampingi Pangdam V/Brawijaya Lepas Satgas Pamtas Yonif Mekanis 516/CY ke Papua

Jembatan Banyumas Bondowoso Senilai Rp 14 Miliar Siap Diresmikan

redaksi

Laskar Sasak Deklarasi Masyarakat NTB Kecam Kekerasan