Pancarkan.com
Peristiwa

Jelang Nataru 2022, Forpimcam Pakal Silaturahmi ke Tokoh Masyarakat

Camat Pakal dan Lurah Babat Jerawat silaturahmi di rumah tokoh masyarakat PBI

Kapolsek Pakal: Kami Dirikan Pos Pengamanan dan Pelayanan di Jalan Babat Jerawat

Surabaya, Pancarkan.com-Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) Forkopimcam Pakal gencar melakukan silaturahmi dengan para tokoh masyarakat. Seperti halnya Camat Pakal Dedy Syahrial Kusuma bersama Lurah Babat Jerawat Darmawan, mengunjungi rumah salah satu Tomas yang ada di Pondok Benowo Indah (PBI) Kelurahan Babat Jerawat Kecamatan Pakal, Rabu (14/12/2022).

Dalam silaturahmi tersebut, Camat bersama Lurah menyampaikan terkait kewilayahan, yaitu rencana kegiatan masyarakat dalam perayaan natal 2022 dan tahun baru 2023. Pihaknya meminta agar warga di Pakal tidak berlebihan dalam kegiatan pada malam tahun baru, sehingga tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

“Kami berharap agar para Toga dan Tomas dan seluruh elemen masyarakat untuk turut serta menjaga situasi keamanan di Kecamatan Pakal atau di wilayah masing-masing,” ujar Dedy.

Para Toga dan Tomas, lanjut Camat Pakal, jangan terpancing dengan isu atau berita yang mengundang konflik. Khususnya kepada seluruh elemen masyarakat, kami harap bisa mengesampingkan perbedaan yang ada agar tidak memicu konflik di tengah-tengah warga.

Sementara, dalam silaturahmi forpimcam tersebut, Drs. H. Dhany Nartawan SH, MH tokoh masyarakat yang di kunjungi, mengatakan, jika dirinya siap turut menjaga kamtibmas di wilayah. Menurutnya, di wiayah PBI selama ini masih tergolong aman dan kondusif saat perayaan nataru.

Selain membicarakan jelang nataru, kegiatan silaturahmi tersebut juga membahas terkait permasalahan yang ada di lingkungan, diantaranya, tentang selokan air mampet, kerawanan, kemacetan serta rencana adanya pembangunan jalan tembus yang sudah di rencanakan oleh pemerintah kota.

“Kami mewakili warga menyampaikan uneg – uneg tentang masalah lingkungan yang ada di perumahan PBI ini, diantaranya, saluran yang diduga mampet di area jalan depan masjid AT Tauhid. Mengingat di area  lokasi tersebut jika hujan lebat ditengari menimbulkan genangan air hingga berakibat banjir, oleh karena itu warga mengharap untuk pembersihan atau perbaikan,” ujar Dhany.

Selain itu, lanjut Dhany, beberapa masukan yang lain yaitu terkait kerawanan pencurian motor diwilayah PBI, warga berharap untuk pemasangan CCTV di pintu keluar. Tepatnya di dekat perlintasan rel kereta api Pondok Benowo Indah, serta kemacetan yang sering terjadi di pintu keluar masuk perumahan pada pagi dan sore hari, terlebih lagi pada saat ada kereta lewat penumpukan kendaraan pasti terjadi.

“Warga meminta agar jalur perlintasan di perlebar jika setelah ada kereta lewat kendaraan ndak sampai berdesakan dan cepat terurai kepadatannya. Selain itu, di lokasi tersebut di pasang kamera pengawas (CCTV) mengingat kejadian curanmor di wilayah PBI sangat sering terjadi,” ungkap pengacara senior warga PBI ini.

Diakhir perbincangan, Dhany menanyakan kepada camat dan lurah terkait kelanjutan adanya rencana pembangunan jalan tembus PBI-Kauman, Dimana menurutnya hal tersebut juga dapat membantu untuk mengurai kemacetan yang terjadi di pintu masuk dan keluar perumahan PBI.

“Kami mohon pembangunan jalan tembus PBI-Kauman segera dilaksanakan, karena hal itu juga dapat membantu untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi jika pagi dan sore hari di pintu keluar PBI. Selain itu, warga juga menanyakan janji dari pemerintah kota sebelum pelaksanaan pembangunan rusun di Babat Jerawat yang saat ini sudah mulai banyak di huni warga,” kata laki laki yang juga di tuakan oleh salah satu perguruan silat ini.

Pos pengamanan Nataru Polsek Pakal sedang dilaksanakan perbaikan

Di temui terpisah, Kapolsek Pakal Kompol Imam Solikin SH, MH, mengaku, bahwa pihaknya kini sedang mempersiapkan dengan mendirikan Pos Pelayanan dan Pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di depan Sentra Wisata Kuliner (SWK) Babat Jerawat Jl. Raya Babat Jerawat Pakal.

Menurutnya, pembuatan Pospam/Posyan di wilayah tersebut mengingat rumah ibadah umat kristiani yang ada di Kecamatan Pakal banyak terdapat di perumahan Pondok Benowo Indah (PBI), sehingga untuk memudahkan pengawasan dan pengamanan saat menjalankan ibadah natal dan malam tahun baru, Polsek Pakal mendirikan pos pengamanan di lokasi tersebut.

“Rumah ibadah umat nasrani banyak terdapat di PBI, oleh karenanya kita dirikan pospam/posyan di dekat wilayah tersebut. Sehingga memudahkan anggota melaksanakan pengamanan dan pelayanan pada saat mereka melaksanakan ibadah, baik ibadah perayaan Natal dan pada malam tahun baru,” ujar Kompol Imam.

“Saat ini perbaikan pospam dan posyan sedang dilakukan, selain itu nantinya jika ada masyarakat yang sedang bepergian jauh dan ingin istirahat sejenak minum atau makan di belakang pos ada sertra wisata kuliner,” ungkap orang nomer satu di jajaran Polsek Pakal ini. (bah)

Related posts

Calo Paspor di Kantor Imigrasi Diduga Masih Marak

redaksi

Hasil Pengaspalan Retak, Pemilik CV Setia Abadi Janji Akan Benahi

Forkopimda Tulungagung Dampingi Danrem 081 DSJ Meninjau Pelaksanaan Pemungutan Suara

redaksi