Pancarkan.com
AdvertorialGaya Hidup

Wujudkan Ramah Umat, Masjid Waqofiyah Temu Prambon Adakan Khitanan Massal

Kades Temu bersama Panitia Takmir

Sidoarjo, Pancarkan.com – Khitan masal merupakan tradisi tahunan Masjid Waqofiyah desa Temu, Kecamatan Prambon untuk memperingati bulan maulid sekaligus bakti sosial. Segenap pengurus Takmir Masjid Waqofiyah merangkul Karang Taruna, Ranting NU dan Pemerintah Desa Temu berkolaborasi mengadakan Khitan massal.

Masyarakat Desa Temu sudah sangat melekat dengan kegiatan ini, karena telah berjalan semenjak tahun 1994 hingga kini yang dipelopori oleh Pengurus MWCNU Prambon pada masanya.

“Ini merupakan salah satu bentuk Hablumminannas Masjid Waqofiyah atau hubungan baik antar sesama manusia. Ada sekitar 35 anak yang mengikuti acara ini, kegiatan ini terlaksana murni dari jerih payah Jamaah Masjid Waqafiyah dan masyarakat desa Temu,” ujar Ustadz Abdus Salam, selaku Ketua Takmir Masjid Waqofiyah, Minggu (30/10/2022).

Di tengah acara diisi dengan Mauidhoh yang diasuh oleh KH. Nur Cholis, sekaligus memberikan nasehat dan mendoakan peserta yang hadir serta anak-anak yang dikhitan.

“Semoga anak-anak yang dikhitan menjadi anak-anak yang sholeh dan generasi penerus islam yang menegakan sholat. Serta berbakti kepada nusa bangsa,” Doa dan harapan yang dihaturkan KH. Nur Cholis.

35 anak yang mengikuti khitan massal

Petty Fitriana sebagai Kepala Desa Temu juga turut mendukung penuh kegiatan ini dan menjanjikan agar tahun depan lebih positif lagi dan lebih meriah lagi. Terpantau sebelum dikhitan, para peserta khitan mengikuti kirab massal keliling desa.

“Sebagai Kepala Desa Temu, saya pasti mendukung penuh setiap kegiatan yang positif bagi warga masyarakat secara umum, karena melihat antusias warga seperti ini juga didukung para pemudanya,” ujar Petty Fitriana, Kades Temu.

Khitan massal ini diketuai oleh Agung Setiawan selaku Ketua Karang taruna Temu sekaligus Ketua Remas Masjid Waqifiyah. Sementara untuk Tim Dokter dikoordinatori oleh Dr. Prafico yang terdiri dari 6 dokter, sehingga proses Khitan lebih cepat dari biasanya.

Di lokasi acara juga terlihat Satkoryon Banser Prambon juga ikut memberikan pengawalan, guna suksesnya pelaksanaan mulai awal hingga akhir. Grup Rebana Ranting Fatayat NU Temu, Al Fitrah juga ikut mengisi sholawat pada acara ini. (cdr)

Reporter: Ruth Candra

Editor: Rizal

Related posts

KDEI Taipei Berkomitmen Lindungi Pekerja Migran Indonesia di Taiwan

Itwasda Polda Jatim Sosialisasi Quick Wins dan Promoter di Situbondo

redaksi

Jelang Pileg 2024, Nova Erin Tawarkan Konsep Harapan Baru