Kades Watutulis bersama Warga Gotong Royong Tangani Permasalahan Sampah

172 views

Kades Warsono ketika gotong royong bersama warga

Sidoarjo, Pancarkan.com – Warsono, selaku Kepala Desa Watutulis kembali mengajak warga Dusun Watutulis Utara untuk turun ke lapangan dalam melakukan kegiatan gotong-royong antar Dusun. Kebetulan Dusun Watutulis Utara dijadikan percontohan oleh Kepala Desa Watutulis untuk kepentingan bersama dalam menjalankan kebersihan sampah di Desa Watutulis, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo.

Di lokasi yang akan dijadikan lahan TPST (Tempat Pembuangan Sampah Sementara) untuk Desa Watutulis, tepatnya di Dusun Watutulis Utara banyak antusias warga yang hadir dalam kegiatan gotong royong.

Hal itu juga dikarenakan keinginan yang kuat untuk membuat lingkungan bersih bebas dari sampah yang ada di pinggiran jalan Desa Watutulis, terutama di Dusun Watutulis Utara yang akan menjadi Dusun percontohan dalam menangani permasalahan sampah.

“Terimakasih kepada warga dikarenakan kekompakannya, mulai dari Kepala Dusun Desa Watutulis Utara yaitu Bapak Bainari yang hadir untuk memberikan kontribusi tenaga serta pikiran dalam kemajuan Desa Watutulis yang bergerak dalam bidang pengelolaan sampah, sehingga bisa teratasi dengan baik dan maksimal,” ucap Warsono, selaku Kades Watutulis ketika memberikan apresiasi kepada warga, Minggu (30/10/2022).

Warsono berharap hal ini dapat menjadi pengalaman dan pembelajaran bersama dalam melakukan pengelolaan sampah.

“Jika nanti TPST (Tempat Pembuangan Sampah Sementara) sudah ada di Desa Watutulis, maka Sumber Daya Manusia yang akan melakukan pengelolaan sampah pun tidak akan kebingungan atas apa yang akan di lakukan nanti dalam mengelola sampah,” ungkap Warsono.

Warga Dusun Watutulis Utara ketika melakukan gotong royong menangani TPST

Kades Warsono juga menjelaskan selama ini permasalahan sampah yang ada di desa watutulis masih di lakukan secara mandiri dengan proses dibakar, dikarenakan cara pembakaran ini bukanlah solusi yang tepat.

Sehingga Kades Warsono dan beberapa perwakilan warga memiliki inisiatif yang sifatnya sementara, dalam menyelesaikan permasalahan pembuangan sampah yang ada di Dusun Watutulis Utara.

“Solusi yang tercipta berdasarkan ide serta gagasan bersama dari perwakilan warga Dusun Watutulis Utara dalam membentuk team peduli lingkungan, yang dimana team tersebut dibentuk dari perkumpulan pemuda-pemudi Dusun Watutulis Utara. Sehingga dapat memiliki manfaat kegiatan yang berarti bagi mereka, yang berkecimpung pada team peduli lingkungan di wilayah Dusun Watutulis Utara,” kata Warsono.

Kepala Desa Watutulis, Warsono beserta Kepala Dusun Bainari dan juga pemuda-pemudi yang diwakilkan oleh Endang memiliki harapan dengan adanya langkah kecil dalam membentuk team peduli lingkungan, yang dapat membuat Desa Watutulis lebih bersih kembali.

“Semoga bisa menjadi desa panutan atau percontohan dalam menjaga kebersihan lingkungan, serta kami juga mendukung program Bapak Bupati Sidoarjo yaitu H. Ahmad Muhdlor Ali, S.IP atau yang biasa akrab disapa dengan panggilan Gus Muhdlor dalam melakukan kegiatan Sidoarjo bersih dari sampah,” pungkas Warsono, selaku Kepala Desa Watutulis, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo. (ard)

Reporter: Rizky Ardyanto

Editor: Rizal

Dusun Watutulis Utara Kades Watutulis Kasun Watutulis Utara Prambon Sidoarjo