Pancarkan.com
Peristiwa

Korem 084/Bhaskara Jaya Gelar Bimnis Bidang Wanwil

Danrem 084/BJ berikan materi Bimnis bidang Wanmil kepada anggota Korem

Surabaya.Pancarkan.com– Bimbingan teknis tingkat Korem bidang Wanwin digelar Korem 084/BJ guna mewujudkan aparat Teritorial yang adaptif, melalui penyiapan perlawanan wilayah (Wanwil) untuk kepentingan pertahanan negara.

Korem 084/Bhaskara Jaya menggelar bimbingan teknis (Bimnis) tingkat Korem bidang Wanwil. Bimnis diikuti oleh para Pasiter, Danrami, Bati Wanwil dan Babinsa dari Kodim jajaran Korem yang dibuka langsung oleh Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom, MM, di Aula Bhaskara Jl. A. Yani No. 1 Surabaya, Kamis (25/8/2022).

Dalam amanatnya Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Brigjen TNI Terry Tresna Purnama, mengatakan, bahwa Bimnis yang dilaksanakan bertujuan menyamakan persepsi langkah kegiatan pembinaan teritorial, khususnya bidang Wanwil yang harus dilakukan Satkowil di wilayah dalam meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan Pemda dan instansi terkait untuk bersinergi dalam pembinaan teritorial.

Sehingga akan mempermudah Satkowil dalam menjalankan peranya melaksanakan pembinaan teritorial di wilayah, dan hal itu sesuai dengan tema kegiatan yaitu “Mewujudkan Aparat Teritorial yang Adaptif Melalui Penyiapan Wanwil untuk Kepentingan Pertahanan Negara”.

“Guna terwujudnya sistem pertahanan semesta, TNI AD melalui Korem 084/Bhaskara Jaya melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat melalui kegiatan pembinaan teritorial,” tegasnya.

Pembinaan itu menurut Danrem, merupakan bentuk dan upaya penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukung secara dini, sesuai sistem pertahanan semesta dan upaya itu harus didukung semua pihak tanpa terkecuali.

“Sinergitas itu nantinya, meliputi pembinaan sumber daya nasional baik berupa pembinaan geografi, demografi dan kondisi sosial di masyarakat, serta kegiatan itu harus diselenggarakan secara terus menerus sesuai dengan dinamika perkembangan zaman,” papar Brigjen TNI Terry Tresna Purnama.

Seperti diketahui bersama, tambah Danrem, ancaman terhadap kedaulatan negara yang semula bersifat konvensional (Fisik), saat ini berkembang menjadi multi dimensional (Fisik dan Non Fisik), baik yang berasal dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Ancaman yang bersifat multi dimensional  itu, menurut Danrem, dapat bersumber dari permasalahan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya maupun permasalahan keamanan yang terkait dengan kejahatan internasional, antara lain terorisme, imigran gelap, bahaya narkotika, pencurian kekayaan alam, bajak laut dan perusakan lingkungan.

Masih Brigjen Terry Tresna, fenomena seperti itu mengaharuskan semua pihak untuk lebih memacu cara berpikir, dan bertindak secara terintegrasi dalam mencermati setiap permasalahan yang muncul di tengah-tengah masyarakat. Hingga pada giliranya tidak berpotensi menjadi ancaman terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara dan dapat diantisipasi secara dini.

Menurutnya, hal itu sesuai dengan tugas pokok TNI AD yakni melaksanakan pemberdayaan sumber daya nasional di darat, guna membantu pemerintah menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan negara melalui penyelenggaraan Binter salah satunya dengan methoda Wanwil yang meliputi pembinaan sumber daya alam dan buatan, sarana dan prasarana. Serta pemetaan potensi wilayah dan peta wilayah yang siap untuk mendukung terwujudnya ruang juang, alat juang dan kondisi juang yang tangguh, guna kepentingan pertahanan negara.

Hadir pada kegiatan tersebut Kasrem 084/Bhaskara Jaya, Kasiren Korem 084/Bhaskara Jaya, serta para Kasi Kasrem 084/Bhaskara Jaya. (bah)

Related posts

Mayat Pria tak Dikenal Ditemukan di Kubangan Lapangan Pacuan Kuda

redaksi

Usai Pilpres, Gus Ipul: Harus Dijaga Kabeh Sedulur Kabeh Makmur

redaksi

Viral, Prajurit Yonif Raider 514 Kostrad Bondowoso Menyuapi Balita