Pancarkan.com
Peristiwa

Sambut Idul Adha 1443 H, PSHT Bersama TPQ Al Falah PBI Gelar Takbir Keliling

PSHT PBI dan TPQ Al Falah gelar kegiatan takbir keliling

Surabaya, Pancarkan.com-Dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1443 H/2022 M suara takbir terdengar diseluruh masjid dan mushola di wilayah Perumahan Pondok Benowo Indah (PBI) Kelurahan Babat Jerawat Kecamatan Pakal Surabaya.

Gema takbir juga dilaksanakan dengan berbagai cara, diantaranya berjalan berkeliling kampung sambil menyalakan obor, seperti yang dilakukan oleh anak anak TPQ Mushola Al Falah PBI bersama dengan perguruan silat PSHT Rayon PBI dan Garuda Ranting Pakal sebanyak 80 orang, Sabtu (9/7/2022) malam.

Anak anak TPQ Mushola Al Falah PBI turut meriahkan giat takbir keliling

Kegiatan takbir keliling tersebut dilaksanakan didalam lingkungan perumahan Pondok Benowo Indah )PBI) dengan mengumandangkan “Allaahu akbaru …. Allaahu akbaru” berjalan mengelilingi dua lokasi perumahan, yaitu PBI dan Griya Benowo Indah (GBI).

Ketua PSHT Rayon PBI dan Garuda Ranting Pakal H. Hairul Wahdi, mengatakan, jika pihaknya melaksanakan giat takbir keliling dan pawai obor tersebut tak lain dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1443 H yang diikuti oleh dua rayon anggota PSHT yaitu Garuda dan PBI.

“Yang di pimpin dari sabuk polos, jambon, hijau dan putih, serta didampingi warga warga dari PSHT. Adapun yang ikut takbir dan pawai obor keliling sebanyak kurang lebih sekitar 60 orang, untuk jumlah keseluruhan ada 100 lebih. Dan alhamdulillah berapa tahun kebelakng kita semua fakum takbir keliling karena ada pandemi Covid 19, saat ini alhamdulillah pemerintah memberi kelonggaran sehingga kita bersama sama bisa melakukan takbir keliling ini. Disamping itu, dalam giat menyambut Idul Adha kali ini kami bersama dengan TPQ Al Falah,” terangnya.

Dilokasi yang sama, Kepala TPQ Mushola Al Falah Ustadzah Iin, menambahkan, jika ia bersama murid muridnya turut memeriahkan takbir keliling hari raya Idul Adha 1443 Hijriah tahun 2022 ini, di seputaran Perumahan Pondok Benowo Indah dan Griya Benowo Indah.

“Alhamdulillah, anak anak sangat antusias dan senang karena baru kali ini mereka kami ajak kegiatan seperti ini, mudah mudahan kedepannya lebih meriah lagi, supaya anak anak dapat tertanam rasa cinta terhadap ajaran agama Islam lebih mendalam dan nantinya bisa terkam di memory mereka pada masa kecilnya ikut takbir keliling. Sementara total keseluruhan ada 50 anak santriwan dan santriwati, bersama dengan ustad dan ustadzahnya ikut memeriahkan hari raya Idul Adha tahun ini,” ucapnya.

Mengantisipasi gangguan kamtibmas dalam kegiatan takbir keliling dan pawai obor tersebut, anggota Polsek Pakal Polrestabes Surabaya bersama Tiga Pilar, TNI dan Satpol PP Kecamatan Pakal melakukan pengawalan disekitar lingkungan perumahan. Kegiatan pengamanan tersebut dipimpin Kapolsek Pakal Kompol Bambang Edi Sujarwo SH, MH didampingi Kanit Reskrim Iptu Samikan SH, Kanit Samapta Ipda Rustam SH bersama anggota Intelkam, Reskrim dan Sat Lantas.

Kapolsek menjelaskan, pihaknya bersama Tiga Pilar, yaitu Koramil Benowo dan Satpol PP Kec. Pakal membatu pelaksanaan kegiatan takbir keliling dan pawai obor tersebut supaya bisa aman, tertib, lancar dan kondusif yang menjadi harapan kita semua.

“Kami mengimbau kepada teman teman dari PSHT maupun TPQ Mushola Al Falah untuk kegiatan ini agar dilaksanakan dalam kampung saja, ndak perlu atau jangan keluar jalan raya mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan, dan alhamdulillah kegiatan berjalan aman, lancar dan kondusif,” tegas Kompol Bambang.

Takbir keliling dan pawai obor diikuti sebanyak 20 anak TPQ dan 60 remaja PSHT menyusuri lokasi perumahan, kurang lebih sepanjang satu kilo meter mereka tempuh dengan berjalan kaki guna memeriahkan kegiatan tersebut.

Keceriaan tampak terlihat pada raut wajah mereka, khususnya anak anak TPQ dengan semangatnya dan tanpa henti bertakbir di sepanjang jalan perumahan yang dilaluinya. Sementara para remaja perguruan silat PSHT sambil membawa obor juga tak kalah untuk mengumandangkan takbir hingga kembali lagi ke tempat awal. (bah)

Related posts

Peringati Sumpah Pemuda ke 94 Korem 084/BJ Gelar Upacara

Unjuk Rasa di Kabupaten Sinjai Diwarnai Keributan

Kapolres Gresik Bersama PT. Petrokimia Bantu Korban Banjir