Pancarkan.com
Peristiwa

Antusias Warga Pakal Ikuti Vaksinasi Booster Meningkat di Bulan Puasa

Peserta vaksin booster warga Pondok Benowo Indah (PBI) di Kantor Kecamatan Pakal Surabaya

Surabaya,Pancarkan.com-Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk percepatan pencapaian vaksin khususnya Kota Surabaya, Puskesmas Benowo yang berada diwilayah Kecamatan Pakal telah memfasilitasi kegiatan vaksinasi booster baik pagi hingga malam.

Kegiatan vaksinasi terus digencarkan, kali ini vaksinasi booster digelar di Kantor Kecamatan Pakal Surabaya, yang dilakukan oleh petugas kesehatan (vaksinator) dari Puskesmas Benowo, Sabtu (9/4/2022) malam.

Vaksinasi booster (D3) dilaksanakan di aula Kecamatan Pakal berjalan lancar dengan antusias warga masyarakat yang mulai meningkat untuk mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut. Adapun Jumlah warga yang mengikuti saat ini sebanyak 37 orang dan semua berhasil tervaksin.

Vaksinasi yaitu bertujuan untuk mengembalikan imunitas tubuh dan sebagai bentuk dari usaha adaptasi warga dimasa pandemi, sehingga nantinya dapat mengantisipasi meluasnya kasus terkonfirmasi Covid-19 di kalangan masyarakat.

Saat dilokasi vaksin, Kepala Puskesmas Benowo dr. joehanta, mengatakan, sejak awal puasa antusias warga Pakal untuk mengikuti vaksin lebih tinggi, baik pagi maupun malam hari dibandingkan dengan hari hari sebelum bulan puasa.

“Didata kami, pagi hari memang terlihat masih lebih banyak yang ikut vaksin. Karena memang rutin kami buka untuk warga setiap paginya,” ujar dokter Joe.

Masih dr. Joe, sapaan akrab Kepala Puskesmas Benowo, bisa jadi memang kesadaran warga sudah mulai meningkat akan pentingnya vaksin, atau juga terkait Surat Edaran dari Presiden dan juga dari Kemenkes terkait ketentuan protokol kesehatan (Prokes).

“Yaitu tentang MUDIK saat hari raya Idul Fitri yang menyatakan bila belum lengkap vaksinnya sampai dengan booster (D3) harus Swab Antigen atau PCR, sehingga mereka antusias melaksanakan vaksin ini. Diluar itu semoga dengan tingkat kesadaran yang tinggi akan pentingnya vaksin hingga ke booster bisa mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus covid 19 semakin meluas,” tuturnya.

Sementara salah satu peserta vaksin dari Pondok Benowo Indah, mengaku, bahwa mengikuti vaksinasi adalah sebagai cara kita berihtiar atau berupaya mencegah penularan virus covid 19. Menurutnya, pihak pemerintah sudah memberikan fasilitas vaksinasi melalui petugas kesehatan yang ada diwilayah masing masing dan warga tinggal datang saja.

“Saya mengajak untuk mengikuti vaksin, demi keselamatan keluarga, saudara dan orang yang ada di sekitar kita sebagai langkah dalam mencegah penyebaran virus tersebut. Ayo warga yang belum vaksin segera datang untuk dapatkan vaksin booster agar bisa beradaptasi di masa pandemi ini,” ucap Sri Muyatin (45). (bah)

Related posts

Jalan Masangan Wetan-Bohar Sukodono Dicor Beton

redaksi

Muswil PGLII Sulteng Pilih Yewin Candra Jabat Ketua

redaksi

Jelang Pilpres, Garda Pancasila Serukan Kuatkan Persatuan dan Kesatuan

redaksi