Pancarkan.com
Peristiwa

Antisipasi Kerusuhan, Polsek Pakal Bersama Tiga Pilar Operasi Asuhan Rembulan

Pelaksanaan pemeriksaan di Jl, Raya Babat Jerawat No.1 depan Kantor Kecamatan Pakal

Surabaya,Pancarkan.com-Dalam rangka antisipasi gangguan kamtibmas pada bulan Ramadan di Kota Surabaya. Jajaran Tiga Pilar Pakal melaksanakan kegiatan operasi dan patroli gabungan skala besar dengan menamakan ‘Operasi Asuhan Rembulan, Sabtu (9/4/2022) malam.

Patroli skala besar tersebut di mulai pukul 23.00 Wib sampai 04.00 Wib. Sementara jumlah personil gabungan kurang lebih 70 orang, diantaranya, anggota Polsek Pakal, Satpol PP Kec. Pakal, Koramil Benowo, Linmas dan dibantu oleh Ormas Banser Pakal.

Kapolsek Pakal Kompol Bambang Eko Sujarwo SH, MH memeriksa salah satu pengendara yang diberhentikan

Hadir dalam giat tersebut, Kapolsek Pakal Kompol Bambang Eko Sujarwo SH, MH, Camat Pakal Tranggono Wahyu Wibowo SSTP, M.Si, Danramil Benowo Mayor Inf. Prasetyo, Kepala Puskesmas Benowo dr. Joehanta, Wakapolsek Pakal AKP Heru P.R, SH, Kanit Samapta Ipda Rustam SH, Lurah se Kecamatan Pakal dan turut dalam patroli tiga pilar tersebut anggota Banser dipimpin Ketua Satkoryon Adam Iksani.

Kapolsek Pakal Kompol Bambang Eko S, mengatakan, bahwa operasi dan patroli gabungan skala besar ini dalam rangka pencegahan dan antisipasi kerusuhan yang bisa mengganggu ketrentaman masyarakat, diantaranya, balap liar, sepak bola di jalanan, tawuran antar pemuda, gerombolan anak nongkrong, dan operasi petasan, yang dilakukan oleh anak anak remaja pada malam hari jelang sahur.

“Kami bersama tiga pilar serta dibantu oleh teman teman Banser melaksanakan giat patroli bersama, hal tersebut bertujuan antisipasi kerusuhan yang meresahkan warga diakibatkan ulah anak anak, terkait dengan balap liar, tawuran antar remaja, para pemuda yang berkeliaran membawa sajam dan anak anak yang membunyikan petasan,” tegas Kapolsek Pakal.

Semoga dengan patroli dan operasi bersama ini, tambah Kapolsek, dapat terciptanya situasi yang aman dan kondusif, khususnya di wilayah Pakal dan sekitarnya. Sehingga masyarakat bisa menjalankan ibadah puasa dengan aman dan nyaman, terutama saat tiba waktu makan sahur.

“Penggeledahan serta pemeriksaan terhadap kendaraan dan pengendaranya juga kita lakukan di Jl. Raya Babat Jerawat, bertujuan guna mengantisipasi pengendara yang membawa sajam atau barang – barang terlarang lainnya,” ungkap Kompol Bambang.

Sementara, seorang pengendara yang terjaring pemeriksaan ditemui dilokasi, mengaku senang dengan adanya kegiatan operasi yang dilakukan oleh aparat penegak hukum tersebut.

“Menurut saya hal ini sangat bagus, karena menjelang hari raya seperti ini tindak kriminalitas biasanya meningkat. Namun, dengan adanya operasi seperti ini maka pelaku pelaku kejahatan akan berpikir jika hendak beraksi, kami sebagai warga masyarakat sangat mengapresiasi tindakan dari kepolisian ini,” ujar Hidayat, pengendara motor yang sempat terjaring pemeriksaan.

Selain razia di jalan raya, petugas gabungan tersebut juga menyisir warkop dan kafe kafe yang masih buka diwilayah Perum Pondok Benowo Indah (PBI) hingga ke seluruh wilayah di Kecamatan Pakal. Dilokasi warkop petugas juga melakukan penggeledahan badan terhadap para pengunjungnya guna mengantisipasi adanya pengunjung yang membawa sajam.

Pada kesempatan yang sama, Camat Pakal Tranggono Wahyu Wibowo, mengimbau kepada masyarakat khususnya warga Kecamatan Pakal untuk dapat membatasi kegiatan kegiatan anaknya yang tidak perlu dan mengingatkan kepada mereka untuk tidak melakukan hal hal yang membahayakan diri dan orang lain.

“Bagi masyarakat Pakal yang memiliki anak anak kecil dan remaja diimbau agar pergerakan mereka itu diperhatikan dan dibatasi. Sehingga tidak ada yang terprovokasi dengan kegiatan kegiatan yang diluar dengan kehendak kita sendiri,” ujarnya.

Camat berharap agar orang tua betul betul memperhatikan anak anaknya. Menurutnya, saat ini banyak terjadi kerusuhan dimana mana yang dilakukan atas ulah anak anak, diantaranya yaitu tawuran antar pemuda, balap liar dan membunyikan petasan, yang semua itu sangat berbahaya. (bah)

Related posts

Bisnis Prostitusi Online Pononorogo Terbongkar

agus petisi

Peringati HUT TNI, Personil Polres Kunjungi Kodim Sinjai

Libatkan 322 Personil Gabungan, Polres Tuban Siap Amankan Idul Fitri 1444 H