Pancarkan.com
Peristiwa

Cegah Berbagai Penyakit Warga PBI Laksanakan Kerja Bakti Massal

Foto bersama usai kegiatan kerja bakti massal

Segenap Elemen Masyarakat Gotong Royong Dalam Bersihkan Sampah Selokan

Surabaya, Pancarkan.com-Kebersihan lingkungan menjadi perhatian khusus, baik warga masyarakat maupun Pemkot Surabaya untuk mewujudkan lingkungan atau wilayah yang sehat, bersih, indah dan asri. Berbagai upaya dilakukan guna mewujudkan hal tersebut, salah satunya melalui kerja bakti massal yang digelar di wilayah Perum Pondok Benowo Indah (PBI) tepatnya di RW 9 Kelurahan Babat Jerawat Kec. Pakal Surabaya, Minggu (30/1/2022).

Kelompok perguruan silat PSHT turut dalam kegiatan kerja bakti massal

Kegiatan kerja bakti tersebut diikuti oleh segenap elemen masyarakat baik warga RT 8 RW 9 PBI, jajaran Pemerintah Kota melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU), Staff Kelurahan Babat Jerawat, Kasibang Bajer, Linmas serta anggota ormas perguruan silat PSHT Ranting Pakal. Seluruh elemen masyarakat tersebut tampak kompak dalam membersihkan sampah di selokan dan mengangkut tumpukan sampah itu ke armada yang telah disiapkan, kerja bakti ini diharapkan bisa memicu semangat gotong-royong antar elemen masyarakat untuk terus peduli dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Ketua RT 8 RW 9 PBI Samsuri, menyampaikan apresiasi semangat gotong royong seluruh unsur elemen masyarakat yang terlibat dalam kegiatan aksi bersih lingkungan tersebut,  yang menurutnya kompak dalam hal bersama sama menjaga kebersihan lingkungan guna mewujudkan wilayah yang sehat dan bersih.

“Mudah-mudahan dengan kebersamaan ini dapat membangkitkan semangat gotong-royong di tengah masyarakat dan kerja nyata untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di lingkungan khususnya terkait kebersihan. Sebab, lingkungan yang bersih akan tercipta keindahan dan kenyamanan dan bisa dipastikan resiko penyakit-penyakit tidak akan muncul,” tuturnya.

Menurutnya, dengan kerja bakti ini juga sebagai upaya pengurangan resiko bencana terlebih saat ini masih musim penghujan dengan intensitas curah hujan relatif cukup tinggi, dan mereka dari petugas pemerintahan serta anggota perguruan silat PSHT ranting Pakal juga sangat membantu diwilayah RW 9 PBI dalam kerja bakti massal ini.

“Upaya kebersihan ini akan terus kami maksimalkan sebagai upaya pengurangan resiko penyakit serta bencana, apalagi saat ini musim penghujan dengan banyaknya saluran-saluran yang mampet karena ada tumpukan sampah yang berserakan bisa menyebabkan banjir jika tidak dibersihkan,” terang Samsuri.

Sementara, peserta kerja bakti, mengatakan, bahwa momen kerja bakti seperti ini juga sebagai ajang memperkuat talisilaturahmi bersama antar warga dan merupakan bentuk sinergitas antar unsur elemen masyarakat.

“Momen seperti ini memang di tunggu tunggu untuk serentak membersihkan saluran air (got) serta perantingan pohon, sehingga sebagai upaya mencegah segala penyakit yang diakibatkan oleh genangan air atau selokan tidak lancar (mampet) berpotensi dapat menjadi sarang nyamuk DBD,” ujar Budi Cemara Kordinator anggota PSHT.

Di tempat terpisah, Lurah Babat Jerawat Gatot Subroto, mengungkapkan, antusias seluruh peserta kerja bakti sangat luar biasa baik di kawasan perkampungan maupun perumahan, terlihat warga RT 8 RW 9 PBI dengan anggota perguruan silat PSHT juga ikut berkontribusi. Pihaknya juga telah menginstruksikan kepada para staff nya serta RT/RW yang berada diwilayah masing masing untuk mensosialisasikan larangan membuang sampah sembarangan, terutama dibuang di selokan dan sungai ataupun yang  tidak pada tempatnya.

“Kesadaran warga untuk menjaga kebersihan lingkungan, terutama terkait masalah sampah ini dirasa sudah baik namun demikian perlu terus ditingkatkan. Kami senantiasa mengingatkan kebersihan itu merupakan sebagian dari iman, oleh sebab itu kebersihan lingkungan merupakan tanggungjawab kita bersama untuk selalu dijaga,” jelas Gatot.

Kerja bakti bersama yang dilaksanakan kurang lebih dua jam tersebut terlihat antusias dan sinergitas segenap elemen di wilayah PBI khususnya warga RT 8 RW 9 sangat tinggi, mereka gotong royong saling bahu membahu dalam membersihkan sampah dan selokan bersama unsur pemerintah, yaitu Dinas PU, Linmas serta Staff Kelurahan Babat Jerawat.

Reporter: Bachtiar  

 

Related posts

Anggota TMMD Sigi Bantu Warga Lewati Jembatan Kura-Kura

redaksi

Umat Nasrani se-Jatim Rayakan Natal di Savana Hotel Kota Malang

Ratusan Suporter tak Bertiket ‘Diusir’ dari Area Gelora Bung Tomo

redaksi