Pancarkan.com
Peristiwa

Satgas RW 10 Gerak Cepat Bantu Warga Isoman Diwilayahnya

SURABAYA,Pancarkan.com– Peran penting RT/RW dalam memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 sangat di perlukan, melalui langkah-langkah preventif mulai dari edukasi pencegahan, melakukan cek fakta serta memberikan informasi terkait virus corona. Selain itu, juga perlunya melakukan pendataan dini atas warga yang rentan tertular, serta selalu proaktif memantau situasi lingkungannya di musim pandemi ini.

Hal tersebut dilakukan Ketua RW 10 Perum Pondok Benowo Indah (PBI) Kel. Babat Jerawat Kec. Pakal Surabaya, tanpa komando langsung menggerakkan Tim Satgas Covid 19 yang sudah dibentuk dan dikemas dalam Kampung Tangguh ” Wani Jogo Suroboyo” sejak merebaknya virus corona 2020 lalu. Ditambah lagi 2021 munculnya varian baru yaitu varian delta, Satgas RW 10 semakin bertambah giat dalam upaya pencegahannya. Terbukti, pada saat di wilayahnya terdapat 35 orang warga terkonfirmasi positive covid 19 dan harus menjalani isoman (isolasi mandiri) di rumah, tim Satgas berupaya maksimal dalam membantu penanganan serta pencegahan penyebaran virus varian delta yang cukup ganas tersebut, dengan rutin memantau warga yang menjalani isoman di rumah masing masing, yaitu, memberikan permakanan, vitamin, ekstra fooding yang dilakukan dengan cara Swadaya, memberikan semangat serta memantau perkembangan kesehatan warga isoman.

Ketua RW 10 PBI Andi Lilo S.Sos, mengaku bangga terhadap warga, yang kompak turut membantu penanganan pencegahan penyebaran virus covid 19 diwilayahnya. Sehingga semua bisa berjalan sesuai harapan semua warga. “Saya berterimakasih kepada Ketua RT dan seluruh warga, yang berjuang bersama sama memutus rantai penyebaran virus covid ini. Khususnya kepada Satgas bersama relawan serta donatur, yang telah sudi meluangkan waktunya tanpa kenal lelah membantu 35 warga yang menjalani isoman sampai akhirnya kembali sehat semua,” ucapnya, Sabtu (7/8/2021) saat berada di Posko Satgas Covid 19 RW 10.

Andi yang juga sebagai Ketua Satgas tersebut, juga menyampaikan rasa terimakasih kepada jajaran Muspika Pakal serta Puskesma Benowo Pakal, yang turut memantau perkembangan kesehatan bagi warganya. “Selama ini kami selalu berkordinasi dengan para pimpinan di wilayah Pakal ini, diantaranya Camat Pakal, Kapolsek Pakal, Koramil Benowo dan khususnya kepada Kepala Puskesmas Benowo Pakal, dalam hal perawatan serta pengobatan pasien,” ungkap laki laki kelahiran Nusa Tenggara Timur ini.

Saat ini, tambah Brur, sapaan akrab Ketua RW 10 PBI, Satgas dan relawan akan berupaya semaksimal mungkin berkontribusi kepada pemerintah untuk membantu memutus rantai penyebaran virus covid 19, khususnya di wilayah RW 10 Babat Jerawat Kec. Pakal Kota Surabaya. “Tetap kita tekankan serta mengedukasi kepada seluruh warga untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) sesuai dengan aturan dari pemerintah, menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” pungkasnya.

Reporter: Bachtiar

Related posts

Patroli PPKM Tiga Pilar Pakal Kunjungi Kampung Tangguh RW 10 PBI

Awal Ramadan Penghuni Rutan Polres Gresik Berpindah

Danrem 084/Bhaskara Jaya Hadiri Pembukaan TMMD ke-114 di Sidoarjo