Pancarkan.com
Peristiwa

Lanal Batuporon Manfaatkan Lahan Tidur untuk Ketahanan Pangan

Antisipasi Dampak Covid-19

Surabaya, Pancarkan.comGerakan ketahanan pangan mulai dilakukan oleh sejumlah instansi pemerintah di beberapa daerah termasuk TNI AL, hal itu sebagai antisipasi dini dari dampak covid-19 apabila virus global tersebut menyerang Indonesia dalam jangka waktu yang cukup lama.

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Batuporon yang berada dibawah komando Lantamal V Surabaya, dan termasuk dalam jajaran Koarmada II adalah salah satu instansi TNI AL yang juga telah memulai gerakan tersebut.

Dengan memanfaatkan lahan tidur yang cukup luas yang dimiliki mereka, Danlanal Batuporon Letkol Laut (P) Dodi Hermanto, mengajak prajuritnya untuk menanam beberapa macam tanaman pangan, seperti singkong, cabe, pisang, terong bahkan juga budidaya ikan lele.

“Kegiatan yang bersifat produktif ini adalah anjuran dari Pimpinan TNI AL, sebagai upaya antisipasi dini jika wabah covid-19 berlangsung berkepanjangan. Selain itu juga dapat memberi efek lain bagi Lanal Batuporon, yaitu lahan tidur yang tadinya tidak tersentuh, sekarang memiliki nilai produktif dengan adanya gerakan ketahanan pangan,“ terang Dodi, disela sela kegiatan yang dilaksanakan, Senin (6/4/2020).

Meski demikian, Dodi bersama prajuritnya tetap memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan seperti yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu untuk mencegah penularan covid-19. Diantaranya adalah penggunaan APD sederhana yaitu masker, menjaga jarak fisik satu sama lainnya (Physical Distancing), dan mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir setelah melaksanakan kegiatan.(*)

Reporter: Bachtiar

Related posts

Polri Buka Penerimaan Calon Anggota Secara Online

Polda Jatim Gulung 16 Pelaku Curanmor, 2 Diantaranya Pasangan Kekasih

Kantor Imigrasi Kelas ll TPI Jember Giat Pengawasan Timpora se Kabupaten Bondowoso

redaksi