Pancarkan.com
Peristiwa

Babinsa Sekargadung Bersama Petani Lakukan Pembersihan Rumput Liar

MOJOKERTO, PETISI.CO –  Tugas pendampingan kepada petani terus dilakukan oleh Koramil  Pungging Kodim Mojokerto, seperti halnya yang dilakukan Serda Nanang Sumarna bersama anggota Poktan Sekar Tani, Dusun Sekargadung, Desa Sekargadung, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (25/03/2019).

Di areal persawahan seluas 1,5 hektar, milik Juwadi yang ditanami jenis padi varietas Ciherang berumur 48 hari tersebut, Babinsa Sekargadung Serda Nanang Sumarna aktif melakukan pendampingan berupa pembersihan atau penyiangan rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman padi.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar tanaman utama atau padi tidak mendapat saingan dalam penyerapan unsur hara dan penyerapan sinar matahari, jika tidak dilakukan penyiangan atau dibiarkan akan dapat mengganggu dalam proses pertumbuhan padi tersebut yang hingga akhirnya dapat mempegaruhi hasil produksi padi. Demikian ungkap Babinsa di sela-sela kegiatan.

Menurut Babinsa, sebagai motivator tidak boleh lengah dan harus turun ke lapangan untuk menyemangati para petani agar lebih giat dalam mengelola lahan pertaniannya sehingga program swasembada pangan khususnya komoditas padi dapat tercapai dengan sukses.

Masih di wilayah Pungging, aktivitas pendampingan pertanian juga berlangsung di Dusun Tempuran, Desa Tempuran.  Di lokasi seluas 0,3 hektar yang ditanami varietas Situbagendit, milik Ahmad Zainudin, anggota Poktan Rukun Makmur, Babinsa Tempuran Koramil 0815/11 Pungging Sertu Suwardi Wero mendampingi petani dalam perawatan tanaman padi.

Terpisah, Danramil 0815/11 Pungging Kapten Arh Aris Tiyono, mengatakan, para Babinsa yang ada dalam kendali operasinya, setiap hari melaksanakan pendampingan Upsus Swasembada Pangan di wilayah binaan masing-masing.

Babinsa harus proaktif terjun ke lapangan sehingga dapat mengetahui kendala atau hambatan yang dialami petani, dan harus membantu mencarikan solusi melalui koordinasi dengan PPL atau Badan Penyuluh Pertanian (BPP) setempat, sehingga target pencapaian swasembada pangan dapat terwujud”, tegasnya.(syim/dim)

The post Babinsa Sekargadung Bersama Petani Lakukan Pembersihan Rumput Liar appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Geger Mayat di Wisata Bendungan PLTA Serut Blitar

redaksi

Ini Caranya Mencari Barang Diskon dengan Hemat

redaksipancarkan

Rp 4,1 Miliar untuk Perbaiki Jalan Sisingamangaraja Sidoarjo

redaksi