Pancarkan.com
Peristiwa

Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Kapolsek Pakal Pimpin Cipkon Rayon 7

SURABAYA, PETISI.COKapolsek Pakal, Kompol Subagyo S.Sos, memimpin langsung Operasi Cipta Kondisi (cipkon) rayon 7 yang dilaksanakan oleh personil gabungan dari tiga polsek jajaran Polrestabes Surabaya. Diantaranya adalah, Polsek Pakal, Polsek Benowo dan Polsek Lakarsantri, Senin (11/3/2019) pukul 22.00 hingga 23.00 wib.

Operasi gabungan Cipta Kondisi rayon 7 yang digelar di wilayah hukum Polsek Pakal Surabaya tersebut, adalah dalam rangka untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, terutama di wilayah perbatasan antar kota atau kabupaten. Diketahui bahwa Kecamatan Pakal Surabaya barat adalah berbatasan dengan kota atau Kabupaten Gresik Jawa Timur.

Sebanyak 22 anggota personil gabungan dari tiga Polsek melakukan pemeriksaan, pengecekan, juga penggeledahan terhadap barang – barang bawaan, baik tas, jok motor dan jaket para pengendara roda dua, jika roda empat petugas melakukan pemeriksaan terhadap bagasi mobil tersebut.

Kapolsek Pakal, Kompol Subagyo S.Sos, di sela – sela operasi, menyampaikan, bahwa kegiatan Operasi Cipkon secara bertahap dilakukan baik siang maupun malam serta pada waktu-waktu lain sesuai kebutuhan.

“Digelarnya Operasi Cipta Kondisi ini dengan sasaran, 3C yaitu, Curas, Curat dan Curanmor, membawa Senjata Tajam, Narkoba, Minuman Keras dan kejahatan lainnya,” terangnya.

Operasi Cipta Kondisi (cipkon) rayon ini melibatkan gabungan fungsi, diantaranya, Satlantas, Satreskrim, Satsabhara, hal tersebut adalah dalam rangka untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminal maupun gangguan kamtibmas lainnya, yang dapat mengganggu kondusifitas Kamtibmas yang selama ini telah berjalan baik dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Dijelaskan Kapolsek, bahwa kegiatan Operasi Cipta Kondisi rayon tersebut akan secara rutin dilakukan setiap malam secara bergantian ditiga Polsek, yang telah tergabung disetiap rayon tersebut, serta pada waktu-waktu lain sesuai dengan kebutuhan, yang bertujuan meminimalisir tindak kriminalitas yang sering terjadi saat malam hari, seperti penggunaan Narkoba, Miras dan lain sebagainya.

“Operasi Cipkon ini mengedepankan tindakan maka perlu dilakukan, agar terciptanya situasi yang aman, kondusif bagi warga masyarakat,” kata Kompol Subagyo.

Selain itu, dalam pelaksanakan operasi cipkon tersebut, juga kita perintahkan pemeriksaan kendaraan beserta seluruh barang bawaannya dengan sasaran antisipasi adanya, handak, Sajam, Senpi, Narkoba, obat-obatan terlarang maupun tindak kejahatan lainnya, seperti Curas, Curat dan Curanmor (3C).

Sementara itu, dari hasil operasi cipkon rayon 7 tersebut, petugas berhasil menjaring 14 pelanggar, dan 1 unit motor tanpa dilengkapi surat surat, dengan memeriksa 114 kendaraan roda dua dan 15 kendaraan roda empat. Operasi cipkon rayon 7 yang digelar selama satu jam tersebut, berjalan lancar, aman, tertib, nyaman dan kondusif, tidak ada kejadian menonjol selama operasi berjalan.

Sebaiknya malam hari, kata Subagyo, tidak digunakan untuk keluar keluyuran hingga larut malam, apalagi ditambah dengan melakukan tindakan yang melanggar hukum, terlebih lagi yang masih berstatus pelajar atau dibawah umur, hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan.

“Dalam hal ini peran orang tua juga sangat dibutuhkan untuk mengontrol aktivitas putra putrinya,” ujar Perwira kelahiran kota Gaplek Kabupaten Trenggalek Jawa Timur ini. (bah)

The post Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Kapolsek Pakal Pimpin Cipkon Rayon 7 appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Dinas Kesehatan Bekerjasama dengan RAPI Wilayah 05 Bondowoso

LPBI NU Distribusikan Bantuan Paket Bahan Pokok Makanan

redaksipancarkan

Kapolsek Pakal Sosialisasikan Jogo Suroboyo Pada Malam Tirakatan