TKD Jatim Minta Jaminan Keamanan

176 views

SURABAYA, PETISI.CO – Menyusul beberapa kali terjadi insiden di kampanye, Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur untuk Joko Widodo (Jokowi) – KH Ma’ruf Amin meminta jaminan keamanan kepada aparat keamanan, agar pelaksanaan kampanye Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 di Jatim berjalan aman.

“Kita minta jaminan keamanan terhadap aktivitas yang kita lakukan dalam kampanye,” kata Ketua TKD Jatim, Machfud Arifin kepada wartawan usai silaturrahmi dengan Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan di Mapolda Jatim, Kamis (28/2/2019). Dalam silaturrahmi ini, Machfud didampingi sejumlah pengurus TKD Jatim.

Coblosan Pilpres 2019 yang tinggal 48 hari lagi mulai memanas. Situasi memanas terjadi seperti pengrusakan Alat Peraga Kampanye (APK) di Kabupaten Sampang, Madura. Aksi tersebut dilakukan oleh massa pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam kampanye capres Prabowo Subiyanto.

“Kami berharap, pemilu 2019 ini berjalan aman dan lancar. Tidak terulang lagi konflik seperti pengerusakan alat peraga kampanye (APK) di wilayah Kabupaten Sampang. Yang jelas, kita tidak membuat masyarakat takut. Kita tetap melakukan kampanye door to door secara masif, khususnya di wilayah Madura,” tuturnya.

Machfud juga meminta masyarakat untuk ikut berpartisipasi di Pemilu 2019 dan tidak perlu takut menggunakan hak pilihnya. “Nggak usah takut. Mari kita pesta demokrasi dengan senyum, dengan baik dan tidak saling mengganggu serta menyampaikan program-programnya,” pintanya.

Saat ditanya daerah mana saja di Jatim yang berpotensi rusuh menilai, Machfud menyebut tidak ada daerah yang berpotensi rusuh. “Di Jawa Timur tidak ada potensi rusuh. Kalau hangat-hangat dikit nggak apa-apa lah. Kalau dingin-dingin, ngantuk kita,” cetusnya.

Dalam pertemuan tersebut, Machfud bersama Kapolda Jatim membahas situasi keamanan di Jawa Timur di tahun pemilu 2019. “Ada beberapa hal yang khusus seperti terkait ancaman gangguan pelaksanaan demokrasi sudah mulai memanas. Ada beberapa daerah seperti di Madura,” jelasnya.

TKD Jatim sendiri akan menurunkan tim hukumnya ke Sampang, untuk mengkaji kasus pengrusakan alat peraga kampanye (APK). Bawaslu Jatim juga melakukan kajian serupa. “Mari kita ciptakan situasi aman, nyaman dan masyarakat terasa dilindungi di pesta demokrasi,” tuturnya. (bm)

The post TKD Jatim Minta Jaminan Keamanan appeared first on Petisi.