Pancarkan.com
Ekonomi

KJRI Cape Town Dorong Penetrasi Pasar Produk Balsam Indonesia

Konjen RI Cape Town Tudiono menemui pemilik perusahaan BCAP Logistics Zaheer Ibrahim
Konjen RI Cape Town Tudiono menemui pemilik perusahaan BCAP Logistics Zaheer Ibrahim

Cape Town, Pancarkan.com – Konsul Jenderal (Konjen) RI Cape Town Tudiono didampingi Fungsi Ekonomi menemui  pemilik perusahaan BCAP Logistics Zaheer Ibrahim didampingi tim di Cape Town, Selasa (9/1/2024). Perusahaan ini  sejak tahun 2022 mulai mengimpor produk balsam dari  Indonesia.

Tudiono mengapresiasi kerjasama BCAP Logistics dengan mitranya di Indonesia  yang telah terjalin sejak tahun 2022.

“BCAP Logistics telah melakukan 2 kali order pengapalan (shipment) produk balsam dari Indonesia. Pengapalan pertama sebanyak 102.000 unit dan pengapalan kedua 184.000 unit balsam. Dalam 2 –  3 bulan ke depan diharapkan dapat dilakukan pengiriman lanjutan,” ujar Tudiono.

Perusahaan ini, kata Tudiono, telah melakukan distribusi dan penjualan secara mandiri, yang mencakup lokasi di Cape Town, Western Cape dan Kimberley, Northern Cape.

Penjualan dilakukan pula dengan memanfaatkan weekend market di lokasi tujuan wisata di Cape Town, dengan penjualan dapat mencapai 200-500 unit balsam setiap minggunya.

Seperti diketahui, upaya promosi antara lain dilakukan melalui kerjasama dengan retailer. Pada promosi tersebut dilakukan edukasi langsung kepada konsumen yang sebagian besar belum mengenal  balsam sebagai produk kesehatan, dengan menunjukkan cara pemakaian dan manfaat dalam menghilangkan nyeri otot, menyegarkan pernafasan dan meredakan masuk angin.

Promosi juga dilakukan melalui stasiun radio setempat untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat Afrika Selatan secara lebih luas. Sejauh ini menurut Ibrahim respon pasar terhadap balsam asal Indonesia sangat menggembirakan.

Ibrahim berencana terus  memperluas distribusi produk melalui pemasaran ke beberapa farmasi terkemuka dan Spar perusahaan retail terbesar  di Afrika Selatan. Sampai saat ini sudah ada 9 Spar yang mendistribusikan produk.

Variasi produk juga akan ditambah mencakup misalnya minyak kayu putih,minyak telon dan sejenisnya sehingga pangsa pasar semakin memiliki ragam pilihan produk kesehatan dari Indonesia.

Konsul Jenderal RI mendorong BCAP Logistics terus dapat mengembangkan sayap dalam distribusinya dan harapkan perusahaan ini dapat mengikuti jejak distributor produk-produk mie goreng yang telah berhasil mempopulerkan produk dan meluaskan pasar di kawasan Afrika.

Konsul Jenderal RI mengundang BCAP Logistics dapat memanfaatkan Indonesian Folk Market atau Pasar Rakyat Indonesia yang akan diselenggarakan KJRI tahun ini di Mossel Bay dan di Port Elizabeth bekerjasama dengan pemerintah kota di provinsi Western Cape dan Eastern Cape. Indonesian Folk Market juga akan diselenggarakan di halaman KJRI pada Oktober yang akan datang.

Zaheer Ibrahim menyambut gembira  dan siap berpartisipasi sebagai vendor. Dirinya mencatat Indonesian Folk Market pada 14 Oktober 2023 telah berlangsung meriah dan sukses dan menjadi tempat pemasaran produk yang sangat potensial.

Zaheer Ibrahim menyampaikan terima kasih atas dukungan KJRI dan akan terus menjalin kontak terutama terkait partisipasi di Pasar Rakyat Indonesia di sejumlah kota.

BCAP Logistics berharap kerja sama dengan salah satu mitra perusahaan Indonesia untuk produk balsam dapat terus terjalin dengan baik dan terus berkembang.

Diharapkan dalam tahun-tahun yang akan datang dapat dilakukan 6-7 shipment pertahun untuk pemasaran di kawasan Cape Town, Afrika Selatan dan kawasan sekitarnya.(cah)

Related posts

VIDEO: Dampak Covid-19, Warga Desa Banyuputih Bondowoso Buat Bahan Dinding Batu Padas

redaksipancarkan

Bazar Murah dan Rumah Sakit Tk III Brawijaya Diresmikan Presiden RI

Program Getar Desa Gayam Dongkrak Perekonomian Warga