Jum’at Curhat: Polres Nganjuk Himbau Jamaah Berperilaku Politik yang Sehat

231 views

Wakapolres Nganjuk Kompol Mustijat Priyambodo, S.I.K, M.H., ketika berikan himbauan

Nganjuk, Pancarkan.com – Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad, SH, SIK, M.Si, melalui Wakapolres Nganjuk Kompol Mustijat Priyambodo, S.I.K, MH, menghimbau kepada para jamaah untuk berperilaku yang sehat dalam mengekpresikan hak politiknya.

Himbauan tersebut disampaikan Kompol Mustijat kepada jamaah sholat Jum’at di masjid Darus Safa’ah, yang terletak di Desa Campur Kec. Gondang Kabupaten Nganjuk pada program Jum’at Curhat, Jum’at (20/10/2023).

Kompol Mustijat, menjelaskan, bahwa berperilaku politik yang sehat adalah menyuarakan pendapat, dan memilih calon pemimpin dengan penuh rasa tanggungjawab serta menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.

“Kita harus mampu menyampaikan pendapat dengan sopan, tanpa menyinggung perasaan orang lain. Serta menghormati hasil keputusan, yang nantinya akan diambil oleh masyarakat melalui pemilihan umum,” ujar Wakapolres Nganjuk.

Pihaknya menekankan pentingnya berpartisipasi dalam proses politik dengan cara yang damai, menghormati perbedaan pendapat, serta menghindari segala bentuk provokasi atau konflik yang dapat merugikan masyarakat.

Menurutnya, diera digital seperti sekarang, berita dan informasi dapat dengan mudah disebarkan melalui berbagai platform media sosial, tetapi tidak semua informasi tersebut dapat dipercaya. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk bijak dalam menyaring informasi dan tidak terpengaruh oleh hoaks atau berita palsu.

“Kita harus cerdas dalam memilah-milah informasi yang kita terima. Jangan sampai kita terjebak dalam penyebaran berita palsu yang dapat memecah belah persatuan dan mengganggu stabilitas keamanan di wilayah kita,” ungkap Kompol Mustijat.

Dalam kesempatan tersebut, Kompol Mustijat, juga meminta kepada jamaah untuk memanfaatkan layanan telepen darurat 110 dan program “Wayahe Lapor Kapolres” melalui WhatsApp 081331342003.

“Kami akan melayani dan merespon segala keluhan masyarakat terkait gangguan kamtibmas dan kebutuhan informasi Kepolisian 24 jam non stop,” ucapnya.

Hal senada disampaikan, Kyai Fatoni mewakili seluruh pengurus dan jamaah Masjid Darus Safa’ah, terhadap ajakan yang disampaikan oleh Kapolres Nganjuk dan Wakapolres Nganjuk.

Menurutnya, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) adalah tanggung jawab bersama. Dalam menyambut pesta demokrasi, pihaknya mengajak semua warga untuk berpartisipasi secara aktif, namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, perdamaian, dan kesopanan.

“Kami, sebagai umat beragama, harus senantiasa menjaga kedamaian dan keselamatan bersama. Demokrasi adalah hak setiap warga negara, tetapi harus dilakukan dengan cara yang baik tanpa merugikan orang lain,” pungkasnya. (bah)

Reporter: Achmad Bachtiar
Editor: Rizal

Jumat Curhat Politik Sehat Polres Nganjuk Wayahe Lapor Kapolres