Pancarkan.com
Peristiwa

Masjid At-Tauhid Gelar Sholat Idul Adha Serta Sembelih 23 Hewan Kurban

Pelaksanaan sholat idul adha 1444 H

Surabaya,Pancarkan.com-Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1444 H, Masjid At-Tauhid Pondok Benowo Indah (PBI), Kelurahan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal menyelenggarakan Sholat Idul Adha yang dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban, Kamis (29/6/2023).

Hari Raya Idul Adha merupakan momen yang ditunggu-tunggu seluruh umat Islam dimuka bumi ini, yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah. Hal ini dikarenakan bahwa hari tersebut adalah hari yang istimewa bagi umat Islam untuk berkurban. Sehingga tak heran kalau sejak jauh-jauh hari persiapan menyambut hari raya Idul Adha sudah mulai terlihat diberbagai tempat.

Pengurus Masjid At Tauhid PBI

Dalam sambutannya, Takmir masjid At Tauhid Ustad Ali Mustofa, menyampaikan, bahwa masjid masih dalam proses pembangunan. Pada kesempatan tersebut, ia mengucapkan terimakasih kepada para jamaah dan donator.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para jamaah dan donator yang telah memberikan infaq dan shodaqoh kepada masjid ini,” ucapnya.

Pantauan Pancarkan.com, sholat Idul Adha terlaksana dengan lancar, khidmat dan tertib. Sementara bertindak sebagai Khotib KH. Imam Chanafi, M.Ag dari Gresik dan yang bertugas sebagai Bilal ustad Mochamad Ainun Rivandi.

Dalam paparan khutbahnya, KH. Imam Chanafi, menuturkan, hari raya kurban juga merupakan hari raya haji. Semoga para jamaah yang belum berangkat haji bisa segera dipanggil oleh Allah untuk melaksanakan ibadah haji.

“Begitu juga yang sudah pernah haji bisa dipanggil kembali oleh Allah SWT untuk menunaikan ibadah haji kembali,” tuturnya.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban

Sementara untuk hewan kurban, masjid At-Tauhid PBI berhasil menyembelih sebanyak 23 ekor, diantaranya, 16 ekor sapi dan 7 ekor kambing dengan rincian 15 ekor sapi dari takmir dan jamaah masjid, 1 ekor sapi dari warga PBI. Kemudian 7 ekor kambing tersebut berasal dari para jamaah dan warga masyarakat Pondok Benowo Indah.

Kemudian acara dilanjutkan dengan serah terima hewan kurban dari Wakil Ketua Takmir Masjid Santiaji M.Pd kepada Ketua Panitia Sunar Fanur, yang disaksikan oleh para pengurban, pengurus takmir dan jamaah masjid.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Takmir Santiaji, mengucapkan, terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala kepercayaan bapak-ibu, jamaah dan warga masyarakat PBI, yang telah menitipkan hewan kurbannya kepada kami.

Disela sela kegiatan penyembelihan, Ketua Panitia Kurban, menyampaikan, ketika kita merayakan Idul Adha dengan sepenuh hati dan menyadari tujuan dibalik perayaan ini, maka kita dapat merasakan kedamaian dan kebahagiaan yang lebih mendalam.

Menurutnya, setiap detik perayaan yang kita jalani akan menjadi pengingat, bahwa kehidupan ini tidak hanya tentang diri kita sendiri, tetapi juga tentang bagaimana kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna bagi orang lain.

Reporter: Sunar

Editor: Bakhtiar

Related posts

Polres Ngawi Bersama Lintas Sektoral Pastikan Jalur Ngawi Aman Untuk Pemudik

Jaga Kesehatan tubuh, Dandim Gresik Olahraga Bersama Anggota

Babinsa Pakisan Koramil Tlogosari Kerja Bhakti Bersama Warga