Pancarkan.com
AdvertorialPendidikan

Incar Kemenangan, SMAN dan MAN Lamongan Borong Kejuaraan OISEMA 2022

Pemenang dari beberapa sekolah di Lamongan

Lamongan, Pancarkan.com – Setelah 2 tahun keseruan dari olimpiade yang diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa prodi manajemen pendidikan Islam fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya sempat meredup dikarenakan masa pandemi. Namun OISEMA (Olympiad Of Islamic Education Management) kembali mengadakan lomba secara temu kening yang diadakan di auditorium UINSA.

Diikuti oleh Sekolah Menengah Atas maupun Madrasah Aliyah yang berada di Lamongan di tahun ini kembali memborong piala kemenangan pada salah satu event yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa prodi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

“Tapi yang banyak biasanya dari domisili sekolah Lamongan” ujar koordinator acara sekaligus penanggung jawab dari Olympiad Of Islamic Education Management, Selasa (25/10/2022).

Hal ini terbukti karena antusisme dari berbagai sekolah yang ada di Lamongan yang tidak pernah mereda dan semakin tahunnya bisa meningkat. Beberapa diantaranya yaitu MAN 1 Lamongan, SMAN 1 Babat, MAN 2 Lamongan dan beberapa sekolah yang berdomisili di kota Lamongan lainnya.

Lomba yang bertemakan ‘Optimalisasi Kompetensi Peserta Didik dalam menyongsong Dunia Industri Melalui SDG’S (Sustainable Development Goals)’ ini juga mampu memanifestasikan sumber daya manusia yang berkualitas dan berintelektual.

“Apalagi pada kalangan remaja yang nantinya diharapkan mampu menjadi penentu arah langkah pembangunan bangsa dimasa depan. Aksi yang dilakukan oleh himpunan mahasiswa MPI ini termasuk salah satu tujuan dari SDG’S itu sendiri,” ujar Nefis Faiqotul Istiqomah selaku koordinator acara sekaligus penanggung jawab lomba.

“Di tahun ini seperti tahun kebangkitan, karena lomba terasa hidup kembali setelah 2 tahun terlaksana dengan sebatas layar laptop,” imbuhnya.

Lomba karya tulis ilmiah

Memang sangat dapat dirasakan kemeriahan lomba jika dapat terlaksana secara langsung tanpa terbatas waktu dan tempat. Olimpiade yang berdiri sejak tahun 2015 ini juga setiap tahunya bisa dikatakan meningkat karena jumlah antusias peserta yang semakin banyak.

Beberapa rangkain acara yang telah terlaksana diruang auditorium dan beberapa kelas-kelas dari Fakultas Teknik dan Keguruan juga dapat dirasakan secara sukaria oleh para peserta. Serta pendamping karena sangat menikmati beberapa pertunjukkan yang ditampilkan seperti tarian daerah, paduan suara, dan lain sebagainya.

Sedangkan beberapa olimpiade yang terselenggara diantaranya yaitu debat pendidikan, student entrepreneurship, LKTIN, dan lainya. Diharapkan di tahun berikutnya olimpiade dan lomba-lomba dapat bertambah agar peminat dan antusiasisme semakin meningkat.

Pada penghujung acara terdapat pengumuman pemenang dari beberapa sekolah yang ada di Lamongan seperti LKTIN yang dijuarai oleh MAN 1 Lamongan dan MAN 2 Lamongan. Selain itu ada juga lomba Student Entrepreneurship yang dijuarai oleh MAN 1 Lamongan dan juga SMAN 1 Lamongan.

Hadiah yang berhasil diborong oleh para pemenang berupa piala, piagam, dan uang tunai. Para panitia pelaksana yang terlibat juga mengharapkan agar olimpiade ini dapat berjalan dan semakin sukses setiap tahunnya, dan diharapkan pula dapat memunculkan inovasi baru untuk dapat meningkatkan kader generasi muda yang berkualitas. (ind)

Reporter: Indah Putri Natasia

Editor: Rizal

Related posts

PT Pegadaian Kembali Buka Lowongan Kerja di Bidang IT

Sukses Bertransformasi, Pegadaian Catat Laba Rp.3,2 T di Kuartal III/2023

Kadiknas Bondowoso Tinjau Perkemahan Pramuka Gudep 22007 SDN Jambesari 2