Pancarkan.com
Peristiwa

Sebelum Pilkades Serentak, Polres Tuban Gelar Apel Pengamanan

Bupati Tuban pimpin apel pergeseran pasukan

Tuban, Pancarkan.com – Pemilihan Kepala Desa serentak di wilayah Kabupaten Tuban akan dilaksanakan pada Kamis 27 Oktober 2022 di 47 desa yang berada diwilayah 17 kecamatan. Sebagai bentuk kesiapan dalam rangka pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pagi ini Polres Tuban menggelar Apel Pergeseran Pasukan, Rabu (26/10/2022).

Apel pergeseran pasukan digelar di lapangan apel Mapolres dipimpin oleh Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky SE, didampingi Kapolres Tuban AKBP Rahman Wijaya, S.I.K, SH, MH, Dandim 0811 Tuban Letkol Inf. Suhada Erwin dan dihadiri oleh Forkopimda serta diikuti oleh ratusan personel gabungan yang terlibat dalam pengamanan terdiri dari TNI, Polri, Satpol-PP serta Linmas.

Bupati Tuban, menyampaikan, bahwa seluruh kesiapan baik personel maupun sarana prasarana dalam pelaksanaan pengamanan Pilkades berlangsung lancar, namun ada beberapa desa yang teridentifikasi memiliki tingkat kerawanan dengan ketegori zona kuning.

“Itu berkaitan hanya antar calon saja yang saling kuat, dan diidentifikasi ada 3 desa yang rawan termasuk kategori zona kuning,” ucapnya.

Lebih lanjut Bupati Lajang yang akrab disapa Mas Bupati itu berharap, dalam pelaksanaan Pilkades di wilayah Kabupaten Tuban bisa berlangsung aman dan lancar. Siapapun yang menang maupun kalah adalah merupakan calon-calon terbaik untuk memimpin wilayahnya.

“Ambil positifnya saja, Insyaallah semua berniat untuk membangun, jadi tidak usah fanatik pada salah satu calon, karena siapapun yang terpilih adalah yang terbaik dari proses demokrasi yang dilaksanakan,” tandasnya.

Kapolres Tuban AKBP Rahman Wijaya, S.I.K, SH, MH, mengatakan, tujuan dilaksanakannya apel pergeseran pasukan adalah untuk memastikan baik dari personel maupun sarana prasarana pendukung dalam rangka pengamanan Pilkades. Perwira Polisi asal Banyuwangi itu mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi mewujudkan situasi yang kondusif dalam pelaksanaan Pilkades di wilayah kabupaten Tuban.

“Tentunya kami berharap semua peserta Pilkades mengikuti peraturan dan ketentuan yang ada, manakala ada pelanggaran tetap kita lakukan penanganan sesuai dengan ketentuan dan prosedur,” tegasnya.

Dalam pelaksanaan pengamanan Pilkades, selain personel yang terploting di TPS juga disiagakan satu peleton personel di masing-masing Rayon untuk backup kekuatan.

“Insyaallah kalau untuk kekuatan pengamanan semuanya sudah sangat memadai, semoga kegiatan bisa berjalan aman lancar kondusif sesuai harapan kita bersama,” jelas Rahman

Dalam mengantisipasi mobilisasi massa, Rahman menegaskan mulai siang ini pihaknya sudah menginstruksikan kepada jajarannya untuk melaksanakan patroli skala besar.

“Mulai siang hari ini, nanti malam hingga besok kita akan melaksanakan patroli skala besar dengan melibatkan TNI Polri serta stakeholder terkait untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan” tutupnya.

Diketahui dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di wilayah kabupaten Tuban, sebanyak 526 personel polres Tuban diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan pemungutan suara yang ada di 337 TPS pada 47 desa yang tersebar di 17 kecamatan dibantu oleh stakeholder terkait. Selain itu pelaksanaan pengamanan juga mendapat backup dari satuan Brimob Polda Jatim serta Polres terdekat yang sewaktu-waktu siap untuk dibutuhkan. (bah)

Related posts

Bhabinkamtibmas Dampingi Relawan ACT Salurkan Bansos Kepada Ya Tripah

Edukasi Anak Melalui Donor Darah Sejak Dini

redaksi

Warga Baru Yonif 511/DY Doa Bersama di Makam Bung Karno

redaksi