Pancarkan.com
Peristiwa

MUI Kecamatan Gubeng Gelar Rakercam Tahun 2022

Foto bersama usai dilaksanakan kegiatan rakercam

Surabaya, Pancarkan.com-Rapat Kerja (Raker)  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Gubeng Surabaya tahun 2022 diselenggarakan di Gedung SMAMDA TOWER lantai 2 Jl. Pucang Adi No 128-132 Surabaya, Sabtu (22/10/2022).

Kegiatan Rakercam tersebut di hadiri oleh perwakilan dari MUI Kota Surabaya Drs. KH. Shodiqun A Karim SH, M.Kn dan KH. Hidayatullah, Ketua Umum MUI Kecamatan Gubeng Drs, KH. Syafi’i Idris dan Sekertaris Umum MUI Kecamatan Gubeng Drs. Sulaiman MA, Ketua Panitia Raker Drs. H. Achmad Djunaidi M.Si serta Sekertaris Panitia Ir. H. M. Zubdi MT.

Peserta Rakercam di ikuti berbagai komisi MUI di Kec. Gubeng serta dari pemerintahan dan unsur organisasi islam yang ada diwilayah Kecamatan Gubeng, diantaranya, Infokom, Dakwah, Pendidikan, Pemberdayaan perempuan, Muslimat PAC Gubeng, LDII Gubeng, GMI, SMAM 2, Al Muslimun, Lurah, , Koramil Gubeng, PCM Gubeng, PCM Ngagel, Lurah Gubeng, Kecamatan Gubeng, Pemkot Surabaya, Kelurahan Airlangga, KUA Gubeng, Kel. Baratajaya, Kel. Mojo, Kel. Pucang, Takmir Masjid dan Mushola, KPP HMI Gubeng dengan total peserta yang hadir kurang lebih sebanyak 80 orang.

Salah satu perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Surabaya  Drs. KH. Shodiqun A Karim SH, M.Kn, pada kesempatan tersebut memberikan materi terkait dengan ke MUI an.

Ketua MUI Kecamatan Gubeng Drs. KH. Syafi’I Idris, menyampaikan, bahwa fungsi MUI (Majelis Ulama Indonesia) secara keseluruhan ada tiga, yaitu, amal makruf nahi mungkar karena sebagai pewaris nabi, shodiqul hukumah (mitra pemerintah) yang artinya MUI berkegiatan sesuai dengan domisilinya tak lepas dengan menggandeng para umaro’ (penguasa).

“Sehingga visi misi majelis ulama indonesia akan mudah untuk disampaikan kepada masyarakat  karena sudah di setujui  oleh pihak pemerintah,” jelasnya.

Kemudian yang ke tiga, lanjut KH. Syafi’I, sebagai khadimul ummah (pelayan umat dan masyarakat), jadi jangan minta dilayani tapi melayani umat. Menurutnya, setiap umat memerlukan informasi fatwa atau saran saran dari MUI, maka MUI berkewajiban memberikan fatwa dan nasihat kepada masyarakat.

“Kehadiran MUI kalau begitu Insya Allah akan menjadi rahmatallilalamin, yaitu rahmat bagi masyarakat dan umat. Nah sesuai dengan keputusan bersama di MUI ini kan ada enam komisi, diantaranya, Dakwah islamiah, Ukuwah Islamiah, Pendidikan, pemberdayaan perempuan dan infokom, dan antar komisi ini saling menunjang untuk mensukseskan program program dari MUI,” terang Ketua MUI Kec. Gubeng.

Menurutnya, salah satu program MUI adalah, mengadakan silaturrohim dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama diharapkan dengan sering silaturrohim maka tidak timbul adanya rasa kecurigaan atau perpecahan diantara umat islam.

“Karena MUI itu kita kenal sebagai rumah besar para cendikiawan muslim, baik NU, Muhamadiyah, LDII dan lain sebagainya, jadi MUI kecamatan ini sifatnya hanya menyampaikan atau mensosialisasikan hasil keputusan fatwa atau saran dari MUI pusat maupun wilayah. Fatwa dari pusat yang turun ke kota lalu ke wilayah kecamatan dan langsung di sampaikan ke umat serta masyarakat,” tegasnya.

Harapannya, tambah KH. Syafi’I, dengan diselenggarakannya Eakercam majelis ulama indonesia ini maka MUI ini bukan diam setelah di lantik bukan berarti tidur tapi bekerja dan berjuang. Sehingga kedepan apalagi ada program akreditasi dari propinsi yang memicu dan memacu pengurus di kecamatan untuk berlomba lomba berkarya, berbuat untuk kebaikan umat dan masyarakat.

“Terutama terkait ekonomi, dimana sekarang dakwah itu bilhal kalau dakwah bilisan sudah banyak. Tapi kalau bilhal dakwah tang disertai dengan santunan, pemberian bingkisan dan memberikan bantuan itu lebih efektif, maka kedepan peningkatan ekonomi umat itu orang yang bersedekah, berdonasi , berbagi akan lebih banyak lagi. Sehingga terhindar, karena kemiskinan itu lebih dekat dengan kekafiran,” pungkasnya. (bah)

Related posts

Muslimat Masjid At-Tauhid PBI Wisata Religi

SMAN 12 Surabaya Mancing Bareng di Jembatan Sirotulmustaqin

Prajurit KRI Bima Suci Laksanakan Latihan Peran Jaga Perang