Pancarkan.com
Peristiwa

Satlantas Polres Gresik Gelar Simulasi Padamkan Api dan Evakuasi Pohon Tumbang

Simulasi cara padamkan api menggunakan karung goni basah

Gresik, Pancarkan.com – Satlantas Polres Gresik tidak hanya bertugas untuk membantu arus lalu lintas saja. Selain itu, mereka juga harus siap membantu evakuasi terhadap pohon tumbang di jalan serta tentang cara memadamkan api dengan cepat.

Kegiatan kali ini adalah simulasi memadamkan api dan membantu evakuasi pohon tumbang yang digelar di halaman Satlantas Polres Gresik, Selasa (11/10/2022).

Tampak para polisi lalu lintas tampak antusias mengikuti materi, yang diawali penyampaian materi cara pemadam api secara tradisional menggunakan karung goni basah dan cara modern menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Gresik. KBO Satlantas Polres Gresik Iptu Ali Fauzi terlihat berani memadamkan api dengan karung goni yang sudah basah dengan cara langsung menutup pada api yang menyala didalam tong.

Kemudian dilanjutkan dengan praktek penggunaan APAR oleh anggota Satlantas saat berlatih padamkan api secara tradional dan modern.

“Pembekalan dan tehnis jika ada pohon yang tumbang ke badan jalan, kemudian teknis awal jika terjadi kebakaran,” kata Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kasatlantas Polres Gresik AKP Agung Fitransyah.

Dengan adanya pelatihan membuat anggota polantas kembali menyegarkan teknik saat terjadi bencana. Seperti kebakaran, pohon tumbang diterpa angin kencang dan mengingat saat ini Kabupaten Gresik mulai diguyur hujan.

“Sinegitas antara kami dengan Dinas Lingkungan Hidup Gresik, BPBD Gresik dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Gresik jika terjadi bencana alam,” pungkasnya.

Reporter: Arie Budiono

Editor: Bachtiar

Related posts

Sinergi Komunitas Alumni SMA 4 Jember dan Kelurahan Mangli

redaksi

Hendak Ikuti Upacara HUT RI, Tiga Pelajar Jadi Korban Tabrak Lari

Masyarakat Harus Berhati Hati Saat Melintas di Rel Singapor Benowo