Pancarkan.com
Peristiwa

Cegah Omicron, Satgas Kampung Tangguh PBI Semprotkan Disinfektan Mandiri

Satgas Kampung Tangguh RW 10 PBI

Surabaya,Pancarkan.com-Sebagai upaya langkah preventif terhadap penyebaran virus Covid 19 varian Omicron di Kota Surabaya, Tim Satgas Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo RW 10 Perum Pondok Benowo Indah (PBI) Kelurahan Babat Jerawat, Kecamatan Pakal Surabaya, kembali melaksanakan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan secara mandiri, Minggu (20/2/2022).

Seluruh lingkungan diarea jalan serta gang dilakukan penyemprotan oleh Satgas RW 10, termasuk tempat atau balai yang digunakan warga untuk pertemuan. Dengan menggunakan enam unit alat penyemprot (Hand Sprayer) yang diberikan oleh pihak kelurahan, Tim dibagi menjadi empat kelompok yaitu dua orang Satgas dibantu relawan menyemprotkan cairan disinfektan di masing masing lingkungan RT.

Di bantu relawan tim satgas melaksanakan penyemprotan di gang – gang wilayah RW 10 PBI

Perlu diketahui bahwa di RW 10 PBI terdapat empat RT yaitu RT 01 hingga RT 04, sehingga proses penyemprotan cairan disinfektan tersebut tak membutuhkan waktu lama. Memang pada kegiatan sosial seperti ini dibutuhkan kekompakan dan keikhlasan dari warga setempat, terlebih lagi pelaksanaannya dilakukan secara mandiri.

“Alhamdulillah warga di RW 10 ini guyup dan kompak. Sehingga program program pada kegiatan kami tentang pencegahan penyebaran virus corona mendapat dukungan dari warga, meskipun ndak masuk dalam struktur satgas namun warga yang lain bersedia membantu sebagai relawan,” ucap Andi Lilo, selaku Ketua Satgas covid RW 10 PBI.

Mengingat varian omicron ditengarai meningkat, lanjut Andi yang juga sebagai Ketua RW 10, sehingga kami dari Satgas mengambil tindakan dan upaya upaya dalam mengantisipasi serta pencegahan supaya tidak menjadi cluster baru penyebaran covid 19, khususnya di RW 10 PBI dan juga wilayah sekitarnya.

Selain di jalan gang gang, penyemprotan disinfektan juga dilakukan di area pekarangan kosong atau lokasi lapangan serta halaman rumah warga bagi yang memintanya. Sementara stok cairan disinfektan di posko Satgas covid 19 Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo RW 10 PBI cukup banyak, sehingga kedepan kegiatan penyemprotan tersebut akan dilakukan secara bertahap di setiap dua minggu sekali.

Hal tersebut dalam upaya menjaga lingkungan agar terhindar dari virus covid 19, khususnya varian baru omicron yang saat ini sudah merambah di wilayah kota Pahlawan ini. Sembari melakukan penyemprotan tim satgas juga mengimbau kepada warga agar tetap waspada menjalankan protokol kesehatan, jangan lengah meskipun sudah dilakukan upaya penyemprotan.

“Untuk jalan lorong dan gang – gang serta tempat tempat kosong terbuka, dan seluruhnya sudah dilakukan penyemprotan dengan cairan disinfektan yang telah kami siapkan di Posko Satgas,” kata Dwi Purnomo selaku Bendahara Satgas Kampung Tangguh RW 10.

Satgas Kampung Tangguh RW 10 PBI berkomitmen akan terus memberikan layanan pada warganya serta masyarakat sekitar, untuk berkontribusi kepada pemerintah melaksanakan upaya pencegahan penyebaran covid 19 yang dimulai dari lingkungan sendiri dan sekitarnya.

Dengan melaksanakan penyemprotan disinfektan mandiri, juga berusaha memberikan edukasi kepada masyarakat melalui program pola hidup bersih dan sehat, dengan menyampaikan imbauan agar membersihkan lingkungan masing masing. Untuk mencegah penyebaran penyakit lainnya, diantaranya juga perlu diwaspadai yaitu penyakit yang ditimbulkan akibat dari  Nyamuk Aedes Aegypty (Demam Berdarah).

Penulis: Bachtiar

Related posts

Wawalikota Buka Muskercab BPC Gapensi Kota Batu

redaksi

Kapolres Batu Tekankan, Anggota Harus Siap Kawal Kotak Suara

redaksi

YUA Laporkan Dishub Kabupaten Malang Ke Kajari

redaksi