Pancarkan.com
Peristiwa

Selaraskan Pelaksanaan Tugas, PKK PBI Regenerasi dan Representasi Kader

Pengurus PKK RW 10 foto bersama para Kader

Surabaya,Pancarkan.com-Dalam rangka meningkatkan serta memaksimalkan tugas antar Kader di lingkup PKK RT se RW 10 Kelurahan Babat Jerawat Kecamatan Pakal Surabaya. Penggerak PKK RW 10 Pondok Benowo Indah (PBI) menggelar pemantapan usai rapat kordinasi.

Terkait dengan penyegaran kepengurusan atau kader diawal tahun 2022 dan berakhirnya program kerja PKK RW 10 PBI tahun 2021 tersebut ditandai dengan acara tasyakuran, yang dilaksanakan di rumah makan Pawon Deso Jl. Raya Babat Jerawat, Sabtu (8/1/2022) malam.

Pada pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) di RW 10 pada tahun 2021 terdapat beberapa kader yang merangkap dua jabatan sehingga di tahun 2022 ini dilakukan penertiban. Serta kader yang sudah tidak berdomisili dilingkungan tersebut ataupun sudah lanjut usia, maka dilakukan adanya regenerasi, representasi atau pergantian petugas, dimana kader di RT/RW selayaknya adalah merupakan warga setempat.

Gelaran makan bersama ibu ibu PKK RW 10

Sementara di RW 10 PBI terdapat beberapa bidang, khususnya terkait fungsi kesehatan, diantaranya, Posyandu Balita, Posyandu Lansia dan Bumantik, dimana dalam susunan kader tersebut dilakukan penyegaran dari masing masing RT, guna menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi di lapangan.

Ketua RW 10 PBI Iriandi Lilo S.Sos, dalam arahannya menyampaikan, bahwa penyegaran terhadap kader di masing masing RT adalah merupakan bentuk memelihara komitmen serta memantapkan program dan tugas PKK. Sehingga jika terdapat kader yang sudah dianggap lansia atau pindah rumah (sudah tidak berdomisili diwilayah setempat), maka perlu dilakukan pergantian pada personil kader tersebut guna memudahkan kordinasi.

“Prinsipnya untuk kader bidang kesehatan di wilayah RW 10 saat ini ada regenerasi dan representasi di masing masing RT. Sehingga ada keselarasan dalam pelaksanaan tugas dan peran sebagai kader, baik dari Posyandu Balita, Posyandu Lansia dan Bumantik, dan hal itu sudah kita gelar rakor beberapa hari lalu dan akan kita sampaikan hasilnya kepada pihak PKK Kelurahan,” terang Andi.

Terlebih terhadap kader yang memiliki rangkap jabatan, lanjut Ketua RW 10 PBI, maka saat ini harus dialihkan kepada warga atau kader yang lainnya, menindaklanjuti hal tersebut maka dilakukan rapat kordinasi untuk merevisi susunan kepengurusan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Sementara, Ketua PKK RW 10 PBI Ekowati Amd, Akper, menambahkan, bahwa tujuan penyegaran bagi kader tersebut adalah untuk meningkatkan kinerja dan fungsi tugas, guna terciptanya kerjasama yang harmonis di kalangan para penggerak PKK yang ada di masing masing RT.

“Kita sudah melaksanakan rakor PKK ditingkat RW untuk memelihara komitmen serta memantapkan program dan menyamakan persepsi pengurus PKK di masing masing RT periode tahun 2022 ini, hal tersebut agar terciptanya kerjasama yang baik bersama anggota kedepannya nanti,” ujarnya.

Pada rapat kordinasi lalu, lanjut Ekowati, kita juga membahas terkait beberapa hal yang terjadi di masing masing wilayah RT, diantaranya tentang kebersihan lingkungan, posyandu, arisan anggota dan laporan kegiatan. Serta adanya usulan penggantian beberapa kader yang pindah rumah atau tidak berdomisili di lingkungan setempat, sehingga diperlukan perubahan susunan kader tersebut guna memudahkan untuk melakukan kordinasi.

“Saya berharap setelah rakor tersebut akan bisa meningkatkan kordinasi antar anggota dengan para pengurus PKK dalam melaksanakan tugas serta fungsi para Kader, yang sebelumnya rakor itu sempat tertunda pelaksanaannya karena pandemi Covid-19,” pungkas Ketua PKK RW 10 PBI ini.

Acara dihadiri Ketua RW 10 Andi Lilo, Wakil Ketua Supriyanto, Ketua PKK RW 10 Ekowati, Wakil Ketua PKK Dewi Nafisah, Ketua PKK RT 4 Saparia, Ketua PKK RT 1,2 dan 3, perwakilan Pengurus RW, Tokoh Masyarakat Adam Iksani, Ronald Gerrits, seluruh anggota PKK RW, serta Kader di masing masing RT se RW 10 Pondok Benowo Indah (PBI).

Penulis: Bachtiar

Related posts

PELAKSANAAN SERBUAN VAKSINASI MASYARAKAT MARITIM DILAKSANAKAN DI PELABUHAN

Congkel Pintu, Pencuri Berhasil Gondol Laptop Milik Guru SD

Peduli Kesehatan Warga, Babinsa Kelurahan Lateng Koramil Banyuwangi Ikut Bantu Posyandu

redaksi