Pancarkan.com
Olahraga

Pererat Silaturahmi, Jamaah At-Tauhid Gowes Bersama

Peserta Gowes foto bersama di halaman masjid At Tauhid sebelum berangkat

Surabaya, Pancarkan.com-Jiwa yang kuat berasal dari tubuh yang sehat, sehingga aktivitas fisik tubuh dapat dilakukan dengan bermacam-macam kegiatan. Tapi, jika ingin melaksanakan olah raga yang santai dan tidak terlalu berat, bersepeda adalah solusi yang tepat.

Nah bersepeda (gowes) tentu tak sekedar berolahraga, karena bisa ditengarai sebagai sarana untuk berwisata dengan melintasi jalanan. Bagaiman tidak, sambil mengayuh sepeda, kita juga menghirup oksigen yang bisa dikata masih bersih pada pagi hari dan sengatan matahari pagi yang banyak mengandung vitamin. Selain itu, pemandangan alam yang indah serta hamparan persawahan, bukit, maupun pepohonan rindang di sekeliling yang kita lalui.

Oleh sebab itu, perkumpulan atau Komunitas Gowes jamaah masjid  At-Tauhid di Perum Pondok Benowo Indah (PBI), Kel. Babat Jerawat, Kec. Pakal Surabaya rutin melaksanakan olahraga bersepeda, dengan melintasi jalan di wilayah Surabaya barat hingga ke Kabupaten Gresik, Minggu (5/12/2021) pagi.

Sebelum berangkat gowes, perkumpulan jamaah masjid At-Tauhid melaksanakan senam bersama, pemanasan guna melemaskan otot otot pada tubuh. Kegiatan itu dilaksanakan rutin di setiap minggu pukul 05.30 Wib, peserta sudah berkumpul di halaman Masjid At-Tauhid.

Rombongan beristirahat sejenak melepas lelah

Ketua Gowes H. Imam Suroso, menyampaikan, rute yang akan dilalui, kali ini rombongan gowes akan melintasi jalan Surabaya barat. Diantaranya, Pakal dan Kepatihan, kemudian lanjut beristirahat di Lontar Sewu Hendrosari, Menganti-Gresik untuk melepas lelah sejenak.

“Demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, kita harus tetap berolahraga. Diantaranya dengan bersepeda (gowes) bersama-sama, yang mana meggowes juga merupakan sarana untuk silaturrahmi, sehingga dengan  kebersamaan ini akan menambah erat persahabatan, keguyuban, dan kerukunan,” ucapnya.

Apalagi bersepeda dipagi hari, tambah Basori, dengan intensitas rendah dapat membakar lemak, meningkatkan kinerja imun, serta meningkatkan energi dan metabolisme tubuh.

“Manfaat bersepeda tak hanya sekedar untuk rekreasi atau hiburan, namun sangat baik untuk kesehatan tubuh,” ungkap peserta gowes yang lain.

Lebih lanjut, pihaknya mengatakan, dengan olahraga bersepeda di masa Pandemi Covid-19 dengan Surabaya berstatus level 1 ini dirasa masih aman, asalkan warga masyarakat tetap mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Reporter : Sunar

Editor: Bachtiar

Related posts

Siwo Surakarta Tertarik Jadi Tuan Rumah Porwanas XIV, Mas Gibran: Solo Siap

Dandim Bondowoso Bersepeda Santai Bersama Anggota dan Perwira Kodim

Bupati Sijunjung Buka Minangkabau Cup 2019

redaksi