Pancarkan.com
Peristiwa

Polres Bondowoso Siapkan 500 Personil untuk Amankan Pemilu 17 April 2019

BONDOWOSO, PETISI.CO – Dalam rangka mengantisipasi ancaman dan gangguan Kamtibmas pada pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 2019, Polres Bondowoso, menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispam kota), Senin (1/4/2019) di depan pendopo Kabupaten Bondowoso.

Selain menggambarkan pelaksanaan tugas di lapangan agar lebih efektif, simulasi Sispam kota tersebut, juga sebagai wujud kesiapan pihak kepolisian dalam pengamanan berbagai ancaman dan gangguan Kamtibmas pada Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Untuk diketahui apel gelar pasukan ini diikuti oleh ratusan personil yang terdiri dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Bondowoso, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bondowoso, Gabungan TNI-Polri,  Linmas dan Satpol PP.

Dalam simulasi tersebut diperagakan situasi saat terjadinya pengerahan massa yang melakukan aksi damai, hingga aksi yang memanas, di mana massa mulai sulit dikendalikan dan cenderung bertindak lebih anarkis.

Dalam simulasi tersebut juga dipertontonkan aksi saling dorong antara masa dengan aparat kepolisian, sehingga penanganan aksi massa yang sesuai prosedur pun diperagakan oleh Polres Bondowoso beserta unsur keamanan terkait.

Kapolres Bondowoso AKBP Febriansyah, mengatakan, bahwa secara ringkas gambaran dan tindakan yang dilakukan, harus mengacu pada skenario simulasi yang dirancang sedemikian rupa, sehingga cara tindak seragam dalam mewujudkan Kantibmas, tetap kondusif dari berbagai ancaman dan gangguan.

“Semua personil yang terlibat dalam pengamanan Pemilu ini harus mengetahui, dan memahami peran dan tugas pokoknya sebagai petugas pengamanan, berkaitan dengan itulah pentingnya kegiatan ini dilakukan untuk membekali petugas agar dapat melaksanakan tugasnya secara optimal,” ujar Kapolres.

Kami, lanjut dia,  juga mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi Pemilu 2019.  “Agar pesta demokrasi ini tetap aman, damai dan kondusif,” harapnya.

Seraya menambahkan, pada Pemilu 17 April mendatang, pihaknya akan menyiapkan sebanyak 500 personil.

“Personil itu dari TNI, Polri, Pemerintah daerah. Bertujuan untuk menjaga Kamtibmas dan juga menunjukkan kepada masyarakat, bahwa Bondowoso telah siap siaga menjelang pengamanan Pemilu 2019,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Bondowoso, Salwa Arifin yang turut hadir untuk menyaksikan simulasi Sispam kota tersebut, memaparkan,  bahwa dalam pesta demokrasi pada 17 April mendatang diharapkan bisa kondusif.

“Meskipun simulasi ini digambarkan Bondowoso tidak aman, mudah-mudahan  tidak terjadi di Bondowoso,” harapnya.

Hasil pantauan petisi.co, turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat, Ketua DPRD Bondowoso, Tohari  bersama wakilnya, yakni Andi Hermanto, Dandim 0822 Bondowoso, Letkol Inf. Tarmudji, Ketua Komisioner KPU Bondowoso, Hairul Anam dan Ketua Bawaslu Bondowoso, M. Makhsun, termasuk sejumlah instansi terkait serta camat se-Kabupaten Bondowoso.(latif)

The post Polres Bondowoso Siapkan 500 Personil untuk Amankan Pemilu 17 April 2019 appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Tim Wasrik dari Kostrad Beri Bimbingan Staf Yonif Raider 514

Anas Urbaningrum Bakal Bebas, PB HMI: Siap Jemput untuk Menyongsong Lembaran Baru

Waaspers Divif 2 Kostrad Berikan Sosialisasi TWP pada Prajurit