Tingkatkan Layanan, Kanim Tanjung Perak Lakukan Inovasi

268 views

SURABAYA, PETISI.CO – Dalam upaya memberikan kemudahan, kelancaran dan kenyamanan dalam layanan terhadap para pemohon paspor,  Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Tanjung Perak selalu berinovasi. Beberapa Unit Layanan Paspor disiapkan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak.

Kasi Humas Kanim kelas I Tanjung Perak Arif Hanafi, mengatakan, bahwa pihak Imigrasi berupaya untuk membuat para pemohon paspor mudah dan nyaman.

“Kami berusaha untuk bisa memberikan layanan terbaik, dengan melakukan berbagai inovasi pada pelayanan kita di Kanim Tanjung Perak ini, dan untuk disini barcode sudah bisa terbaca langsung, mungkin untuk Kanim yang lain belum,” kata Arif, Kamis (21/3/2019) ditemui di ruang kantornya.

Selain itu, juga dijelaskan terkait proses pengurusan paspor setelah pendaftaran via online. Pihaknya mengaku hanya butuh waktu 15 menit, proses sampai ke tempat foto selesai.

“Asalkan tidak ada trobel sistemnya (jaringan) kita butuh waktu paling lama 15 menit bisa jadi, malah kurang dari itu sudah selesai, namun jika ada trobel pada sistem tetap apa yang bisa kita lakukan ya dilakukan, seperti Scan Foto masih bisa,” kata Arif Hanafi, Humas Kantor Imigrasi kelas I Tanjung Perak.

Ruang Foto dan Wawancara Kanim Tanjung Perak

Sementara, Kasubsi Biro Perijinan dan Pelayanan Kanim kelas I Tanjung Perak Sari Anggraini, menjelaskan, bahwa per hari dalam pengurusan paspor rata rata sekitar 150 pemohon.

“Dulu kuota kita 250, namun saat ini dikurangi menjadi 150, karena terjadi peralihan sistem dan masih dalam tahap adaptasi,” ujarnya.

Dikawatirkan, lanjut Sari, kalau sistem dalam keadaan down saat kuotanya penuh, takutnya nanti pemohon tidak terlayani dengan baik, karena sistem ini belum stabil, kadang down kadang lancar dan fitur – fiturnya banyak yang berubah.

“Jadi mungkin satu bulan hingga tiga bulan kedepan bisa kembali,” tambah Sari.

Salah satu pemohon Paspor, kepada Petisi.co, mengaku, bahwa pada saat ini pengurusan Paspor, baik yang baru maupun perpanjangan, sudah sangat mudah dan juga cepat tanpa adanya kesulitan.

“Sekarang enak kok mas pengurusannya dan sekarang ini saya lagi perpanjangan Paspor, dulu saya menggunakan jasa dan biayanya tinggi, sekarang saya urus sendiri murah, hanya sekitaran kurang lebih empat ratus ribu,” ucap Soepraptiwi SE.

Pantauan di lokasi, di ruang pelayanan para pemohon paspor terlayani dengan baik, mulai dari pengecekan data – data setelah melakukan pendaftaran via online, kemudian pengecekan lewat barkode dan keluar nomer lalu menuju ke ruang foto dan wawancara.

Setelah itu melakukan pembayaran dan menunggu maksimal empat hari kerja jika sistem tidak trobel setelah pembayaran selesai.(bah)

The post Tingkatkan Layanan, Kanim Tanjung Perak Lakukan Inovasi appeared first on Petisi.