Pancarkan.com
Pemerintahan

Pemkab Bondowoso Rutin Gelar Pasar Tani

BONDOWOSO, PETISI.CO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, melalui Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (Dispertan) terus mengembangkan akses pemasaran langsung dari petani ke konsumen.
Seperti halnya, Dispertan Bondowoso, melalui bagian holtikultura menyenggelarakan pasar tani yang dilaksanakan secara rutin atau sebulan sekali. Pemasaran tersebut, kali ini bertempat di pinggir jalan raya di depan kantor Dispertan, Jumat (15/3/2019).
Gelar pasar tani itu menyediakan produk berkualitas dengan harga terjangkau terdiri dari sayur, buah segar berikut produk olahan.
Gelar pasar tani disamping sebagai ajang pemasaran sekaligus upaya mengatasi fluktuasi harga yang terjadi di tingkat petani.
Kepala Dispertan Bondowoso, Dwi Wardana mengungkapkan, Pemkab terus mencari solusi untuk membantu petani. Di antaranya membuka akses pasar lebih luas supaya memperoleh keuntungan yang diharapkan.
“Pemerintah tidak pernah tinggal diam. Kami selalu mengawal dan berperan aktif mengajak serta memfasilitasi petani dan pelaku usaha olahan untuk melakukan promosi, penjualan dan berdaya saing,” ujarnya.
Menurut Dwi, dengan menggelar pasar tani di banyak tempat maka keberadaan pasar tani semakin diakui, “Pasar tani sebagai salah satu pemutus mata rantai penjualan, menjual produk segar dan olahan buah maupun sayuran berkualitas dengan harga kompotetif dan bersaing skala pasar retail maupun modern,” jelasnya.
Bupati Bondowoso, Salwa Arifin, dalam penggelaran pasar tersebut, memaparkan, bahwa pasar tani ini merupakan ajang promosi agar kedepannya tidak hanya dilaksanakan di daerah perkotaan saja.
“Penggelaran pasar tani ini, tidak hanya dilakukan hari ini saja, di tahun-tahun sebelumnya kita sudah melaksanakan,” papar orang nomor satu di Bondowoso.
Ia juga berharap, produk-produk unggulan holtikultura kita harus dorong. “Produk unggulan holtikultura ini kita akan dorong agar menghasilkan lebih baik,” imbuhnya.
Untuk diketahui, pasar tani yang digelar di depan kantor Dispertan itu mendatangkan produk dari kelompok tani dari Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) Congkrong, Tangsil, Pakem, Maskuning, Gunung Anyar, Sumberwringin dan Besuk.(latif)

The post Pemkab Bondowoso Rutin Gelar Pasar Tani appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

KDEI Taipei Berkomitmen Lindungi Pekerja Migran Indonesia di Taiwan

Jatah Dana Desa 2019 Kabupaten Jombang Naik Mencapai Rp 36 Miliar

redaksi

Bupati Faida Pastikan Penataan Pasar Supaya Bisa Segera Ditempati Pedagang

redaksi