Pancarkan.com
Peristiwa

Sejumlah Warga Desa Taman Protes Menunjukan Pj Kades

BONDOWOSO, PETISI.CO – Sejumlah warga Desa Taman, Kecamatan Grujugan, ngeluruk ke kantor desa setempat, Kamis (7/2/2019). Sejumlah warga tersebut, protes atas penetapan Pejabat Kepala Desa (Pj Kades) Taman oleh Bupati beberapa waktu lalu.

Andreas, selaku koordinator aksi  menilai Pj Kades, yang disetujui oleh Bupati tidak sesuai dengan hasil Musyarah Desa (Musdes) yang telah dilakukan.

“Sebab, yang memperoleh suara terbanyak Budi Wartini, namun yang diangkat adalah Niwar,” ujarnya.

Disamping itu, ia  menerangkan, bahwa masyarakat juga menanyakan terkait aturan tentang adanya Musdes Pj Kades, karena Musdes ini atas perintah Camat.

“Surat Keputusan(SK) Bupati tidak sesuai  dengan hasil Musdes,” katanya.

Sementara itu, Camat Grujugan, Fathol, mengatakan, meskipun tidak ada regulasi Musdes untuk penetapan Pj Kades, tapi musyawarah tetap diperlukan.

“Tapi paling tidak, masyarakat itu mengetahui, dan bisa mengusulkan. Jadi kalau bupati menunjuk. Istilahnya tidak membeli kucing dalam karung. Maka terkumpulah warga terbaik di Desa Taman,” tuturnya.

Selain itu, ia menyayangkan voting yang dilakukan waktu Musdes, karena Musdes itu hanya menyetujui beberapa nama yang akan diajukan.

“Sebab, pihak Muspika, hadir waktu itu, dan tidak memperbolehkan voting, dan seharusnya tidak ada,” jelas Fathol.

Lebih jauh camat tersebut, menyebutkan, bahwa camat sebenarnya bisa menunjuk langsung, namun dirinya masih menghormati warga desa.

“Bisa saja saya langsung nunjuk siapa. Namun kami takut di belakang hari dikatakan camat egois, kami tidak diajak Musyawarah dulu, kan nanti seperti itu,” katanya sambil mengimbuhkan, kami akan berupuya untuk melaporkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat Taman ke pihak Kabupaten Bondowoso.

“Hal ini, dengan secepatnya, kami akan koordinasi dengan pihak Kabupaten,” imbuhnya.

Hasil pantauan petisi.co, penyampaian aspirasi warga terkait penetapan Pj Kades oleh Bupati Bondowoso, berlangsung damai dengan dijaga oleh aparat kepolisian.(latif)

The post Sejumlah Warga Desa Taman Protes Menunjukan Pj Kades appeared first on Petisi.

Sumber Berita : PETISI

Related posts

Tauladani Akhlak Rasulullah SAW, Warga PBI Peringati Maulid Nabi

Laskar Sasak Deklarasi Masyarakat NTB Kecam Kekerasan

Komunitas Jawa Timur Kembali Salurkan Bantuan Korban Erupsi Gunung Semeru